Senin, 06 Mei 2024

3.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Karangwuni

2

Nama Calon Guru Penggerak

Anik Rahmawati,SPd

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Mengklasifikasikan program sekolah berdasarkan jenisnya: Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang: 

  • kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
  • lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
  • pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

  1. Pemahaman saya  tentang konsep kepemimpinan murid mana yang telah berubah?
  2. Bagaimana kolaborasi dapat membantu saya memahami proses perencanaan program atau kegiatan yang menumbuhkan kepemimpinan murid?
  3. Gagasan apa saja yang saya miliki untuk menginisiasi program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Mendiskusikan dengan sesama  kelompok CGP secara bergantian  kemudian menganalis

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Kami ingin membangun lingkungan sekolah yang : Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif maksudnya adalah lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan emosional peserta didik seperti Lingkungan yang ramah, terbuka, dan menyambut membuat murid merasa nyaman untuk berbagi ide,perasaan,pengalaman dan memilih kegiatan ekstra sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu juga hubungan antar murid yang positif membantu menciptakan lingkungan social yang mendukung di mana murid merasa diterima dan dihargai

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

 Dalam kegiatan elaborasi kita diberikan tambahan wawasan  yang melibatkan komunitas dalam mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid  Komunitas dapat menjadi contoh dan teladan bagi murid dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Melalui interaksi dengan pemimpin-pemimpin yang ada di komunitas, murid dapat belajar dari pengalaman dan pengetahuan . Memberikan dukungan dan dorongan kepada murid yang sedang belajar menjadi pemimpin. Dukungan dari orang-orang di sekitarnya dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri kepada murid untuk terus berkembang ,Selain itu komunitas dapat membuka peluang dan kesempatan bagi murid untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kepemimpinan di luar lingkungan sekolah. Hal ini dapat membantu murid untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka secara lebih luas.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Salah satu cara untuk menumbuh kembangkan kepemimpinan murid adalah dengan mengintegrasikan berbagai materi yang diajarkan di sekolah. Misalnya, dalam pelajaran matematika, murid dapat diajarkan untuk bekerja dalam kelompok dan memimpin diskusi tentang cara menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi.

Selain itu, materi yang diajarkan di sekolah juga dapat dihubungkan dengan kegiatan di luar kelas, seperti organisasi siswa, klub sekolah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Dengan demikian, murid akan memiliki kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan kepemimpinan mereka dalam situasi nyata dan memperluas jaringan sosial mereka.

Dengan cara ini, murid akan belajar bagaimana mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari, serta mengembangkan kepemimpinan mereka secara bertahap. Dengan demikian, mereka akan menjadi individu yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Dalam kegiatan aksi nyata kita diminta membuat program yang berpihak pada murid dalam bentuk video canva yang diuploud di youtobe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...