Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD
Negeri Karangwuni |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Anik
Rahmawati,SPd |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Mengklasifikasikan
program sekolah berdasarkan jenisnya: Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan
program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi
waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan
ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan
ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam
kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan
program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan
intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata
pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk
kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan
program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan
yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler
dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan
diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan,
kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat
mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:
|
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
|
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Mendiskusikan dengan sesama kelompok CGP secara bergantian kemudian menganalis |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Kami ingin membangun lingkungan sekolah yang :
Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir
positif dan merasakan emosi yang positif maksudnya adalah lingkungan yang
mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan emosional peserta didik seperti
Lingkungan yang ramah, terbuka, dan menyambut membuat murid merasa nyaman
untuk berbagi ide,perasaan,pengalaman dan memilih kegiatan ekstra sesuai
dengan minat dan bakatnya. Selain itu juga hubungan antar murid yang positif
membantu menciptakan lingkungan social yang mendukung di mana murid merasa
diterima dan dihargai |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Dalam kegiatan elaborasi kita diberikan
tambahan wawasan yang melibatkan
komunitas dalam mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid Komunitas dapat menjadi contoh dan teladan
bagi murid dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Melalui interaksi
dengan pemimpin-pemimpin yang ada di komunitas, murid dapat belajar dari
pengalaman dan pengetahuan . Memberikan dukungan dan dorongan kepada murid
yang sedang belajar menjadi pemimpin. Dukungan dari orang-orang di sekitarnya
dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri kepada murid untuk terus
berkembang ,Selain itu komunitas dapat membuka peluang dan kesempatan bagi
murid untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kepemimpinan di luar lingkungan
sekolah. Hal ini dapat membantu murid untuk mengembangkan keterampilan
kepemimpinan mereka secara lebih luas. |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Salah satu cara untuk menumbuh kembangkan
kepemimpinan murid adalah dengan mengintegrasikan berbagai materi yang
diajarkan di sekolah. Misalnya, dalam pelajaran matematika, murid dapat
diajarkan untuk bekerja dalam kelompok dan memimpin diskusi tentang cara
menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini akan membantu mereka
mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi. Selain itu, materi yang diajarkan di sekolah juga
dapat dihubungkan dengan kegiatan di luar kelas, seperti organisasi siswa,
klub sekolah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Dengan demikian, murid
akan memiliki kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan kepemimpinan mereka
dalam situasi nyata dan memperluas jaringan sosial mereka. Dengan cara ini, murid akan
belajar bagaimana mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka
pelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari, serta mengembangkan
kepemimpinan mereka secara bertahap. Dengan demikian, mereka akan menjadi
individu yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan siap untuk
menghadapi tantangan di masa depan. |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Dalam kegiatan aksi nyata kita diminta membuat
program yang berpihak pada murid dalam bentuk video canva yang diuploud di
youtobe |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar