Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD
Negeri Karangwuni |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Anik
Rahmawati,SPd |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Pada kegiatan
mulai dari diri dipaparkan bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan
memenuhi kebutuhan belajar siwa yang berbeda dengan menerapkan strategi
diferensiasi pembelajaran. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat
dilakukan oleh seorang guru: 1. Guru melakukan observasi dengan siswa untuk
mengenal kebutuhan,minat,dan gaya belajar setiap siswa secara individu 2.
Guru menciptakan lingkungan kelas yang kondusif sehingga siswa merasa
diterima dan dihargai oleh guru. 3. Guru merencanakan pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda. 4. Guru
memberikan waktu tambahan sebagai dukungan kepada siswa yang memerlukan
bimbingan individu baik berupa remidial maupun pengayaan sesuai dengan
tingkat kemampuan siswa. |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian
keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang
berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut
adalah yang terkait dengan:
|
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Dalam sesi pembelajaran ini, Anda akan kembali mendapatkan kesempatan
untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan sedikit berbeda, karena Anda
tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan dengan sesama
CGP. Ya, sesi kali ini disebut dengan Ruang Kolaborasi. Kali ini, kita
akan mencoba berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam
tentang pembelajaran berdiferensiasi. Saya bersama rekan kelompok
akan diminta untuk menganalisis skenario pembelajaran yang
mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam. Setiap
kelompok hanya akan menganalisis satu skenario pembelajaran berdiferensiasi
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pemandu berikut ini:
Penentuan kelompok dan juga skenario mana yang akan dianalisis
akan difasilitasi oleh Pak Agus Rahmaddi sebagai Fasilitator. |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Saya
bersama rekan kelompok telah menganalisis implementasi pembelajaran
berdiferensiasi untuk satu materi yang telah dipilih. Selanjutnya, kita
akan bertemu dengan fasilitator dalam kelompok besar dalam ruang virtual yang
telah disediakan untuk mempresentasikan hasil analisis skenario implementasi pembelajaran
berdiferensiasi dan saling memberikan tanggapan hasil analisa kelompok lain. Kegiatan akan diakhiri oleh Pak Agus
Rahmaddi menarik kesimpulan tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi. |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Pada kegiatan Demonstrasi
Kontekstual kali ini saya banyak mendapat pengetahuan dan keterampilan yang
kami yakin dapat membantu saya untuk keluar dari zona nyaman dan saya akan mulai melakukan perubahan. Melalui wadah ini saya mendemonstrasikan
keterampilan yang telah saya pelajari dalam konteks dan situasi pembelajaran
yang nyata dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat
pembelajaran berdiferensiasi. |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
Kegiatan elaborasi
pemahaman dipandu oleh instruktur dari Jakarta Pembelajaran berdiferensiasi merupakan perpaduan dari
pembelajaran seluruh kelas, kelompok dan individual. Ada waktu ketika pembelajaran seluruh kelas
adalah pilihan yang efektif dan efisien. Ini berguna untuk misalnya,
membangun pemahaman bersama, dan memberikan kesempatan untuk diskusi dan
melakukan ulasan bersama yang dapat membangun rasa kebersamaan. Pembelajaran berdiferensiasi ditandai oleh
irama berulang dari melakukan persiapan kelas, mengulas kembali, dan berbagi,
yang kemudian diikuti oleh kesempatan untuk eksplorasi, ekstensi (pendalaman
materi), dan produksi (menghasilkan pekerjaan) individu atau kelompok kecil. |
9 |
Kegiatan Koneksi Antar Materi |
|
10 |
Kegiatan Aksi Nyata |
Setelah
mempelajari dan memahami materi tentang pembelajaran berdiferensiasi,
tentu saya ingin mengimplementasikannya dalam praktik sehari-hari, bukan?
Saya dapat melihat kembali RPP yang sudah Anda buat di awal tahun ajaran/awal
semester. Cobalah untuk melihat kembali apakah tujuan pembelajaran yang
Anda buat sudah jelas untuk diri saya dan juga murid . Pengetahuan,
keterampilan, sikap apa yang dideskripsikan dalam tujuan pembelajaran
tersebut yang harus dikuasai oleh murid-murid saya? Setelah saya memahami
dengan jelas tujuan pembelajaran tersebut, selanjutnya analisislah kebutuhan
belajar murid Anda. Bagaimana kesiapan belajar mereka jika dikaitkan dengan
tujuan pembelajaran? Apakah mereka telah memiliki pengetahuan awal atau
keterampilan yang dipersyaratkan? Siapa saja murid-murid yang menurut saya
akan memerlukan bantuan lebih? Siapakah yang perlu diberikan tantangan?
Aktivitas jangkar apa yang akan saya siapkan? Setelah itu, tentukanlah
bentuk diferensiasi apa yang akan saya lakukan (konten/proses/produk) untuk
membantu saya merespon kebutuhan belajar murid-murid saya tersebut. Bagaimana
saya akan mengatur kelas supaya efektif? Strategi pengelompokan apa yang akan
saya pilih? Bagaimana saya akan memastikan bahwa lingkungan belajar yang saya
siapkan mengundang murid saya untuk belajar? Setelah itu, saya mulailah
mengimplementasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas saya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar