Senin, 06 Mei 2024

1.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SDN Karangwuni Depok

2

Nama Calon Guru Penggerak

Anik Rahmawati

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan mulai  dari diri , saya melakukan  kegiatan mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat dalam pribadi saya.serta menjelaskan peran diri saya sebagai seorang Guru di dalam lingkungan sekolah SDN Karangwuni Depok

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya belajar tentang  nilai dan peran guru penggerak dalam pembelajaran di sekolah.

Nilai guru penggerak di sekolah meliputi hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistem lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang,makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.serta makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.

Peran guru penggerak dalam transformasi Pendidikan yaitu :

1.      Bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.

2.      Guru sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah.

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya membuat gambaran diri saya sebagai Guru Penggerak di masa depan dalam bentuk vidio

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini saya berbagai pertanyaan mengenai materi Nilai dan Peran Guru Penggerak yaitu :

Bagaimana cara yang paling tepat untuk memunculkan nilai guru penggerak sebagai Coach Bagi Guru Lain, karena saya selama ini hanya dominan di peran menjadi Pemimpin Pembelajaran ?

Kemmudian berdiskusi dengan instruktur mengenai ragam praktik baik yang bisa dilakukan terkait penumbuhan nilai dalam diri seseorang melalui google meet.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini  saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 sampai Modul 1.2, maka yang menjadi pembelajaran bagi saya,

10

Kegiatan Aksi Nyata

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...