Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SDN Karangwuni Depok |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Anik
Rahmawati |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Pada
kegiatan mulai dari diri , saya melakukan kegiatan mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat
dalam pribadi saya.serta menjelaskan peran diri saya sebagai seorang Guru di
dalam lingkungan sekolah SDN Karangwuni Depok |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada
kegiatan ini saya belajar tentang nilai dan peran guru penggerak dalam
pembelajaran di sekolah. Nilai guru penggerak di sekolah meliputi hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya
untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistem lingkungan dalam
pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang,makna Profil Pelajar Pancasila dalam
transformasi pendidikan.serta makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak. Peran guru penggerak dalam transformasi Pendidikan
yaitu : 1. Bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan
yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam
diri seseorang. 2. Guru sebagai pemimpin pembelajaran di
sekolah. |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
|
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
|
7 |
Kegiatan Demonstrasi Kontekstual |
Pada kegiatan ini saya membuat gambaran
diri saya sebagai Guru Penggerak di masa depan dalam bentuk vidio |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
Pada kegiatan ini
saya berbagai pertanyaan mengenai materi Nilai dan Peran Guru Penggerak yaitu
: Bagaimana cara yang paling tepat untuk
memunculkan nilai guru penggerak sebagai Coach Bagi Guru Lain, karena
saya selama ini hanya dominan di peran menjadi Pemimpin Pembelajaran ? Kemmudian berdiskusi dengan instruktur
mengenai ragam praktik baik yang bisa dilakukan terkait penumbuhan nilai
dalam diri seseorang melalui google meet. |
9 |
Kegiatan Koneksi Antar Materi |
Pada kegiatan ini saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 sampai Modul
1.2, maka yang menjadi pembelajaran bagi saya, |
10 |
Kegiatan Aksi Nyata |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar