Senin, 06 Mei 2024

3.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Karangwuni

2

Nama Calon Guru Penggerak

Anik Rahmawati,SPd

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Dimulai dengan mengulas kembali tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dan bisa memetakan aset berbasis kekuatannya baik pada diri sendiri maupun sekolah dalam pengelolaan sumber daya sekolah. 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

  1. CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah.
  2. CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah.
  3. CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD).
  4. CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya.

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pada Ruang Kolaborasi kita  akan diajak untuk bekerja sama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok mengidentifikasi sumber daya.

  1. Membuat  kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru dengan jenjang yang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta CGP.
  2. Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya.
  3. Membuat daftar cara mengelola sumber daya.
  4. Cara mengelola sumber daya dengan peran guru masing-masing (Misal PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK)

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Dalam sesi ini setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara bergiliran

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul sebelumnya.

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Elaborasi dilakukan dengan instruktur  yang luar biasa melalui gmeet mengupas bagaimana seorang pemimpin pembelajaran mengelola sumber daya yang ada sehingga pembelajaran menjadi aktif dan kreatif

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

ada sesi pembelajaran kali ini, Bapak/Ibu CGP membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak

  • Membuat kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana kita bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. 
  • Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. 
  • Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.
  • Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah kita mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri kita setelah kita mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.
  • Komunikasikan hasil kesimpulan kita dengan cara apapun yang bisa kita pilih sendiri.  Unggahlah hasil pemikiran kita melalui LMS/moda yang telah disepakati bersama.

10

Kegiatan Aksi Nyata

CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada

 CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.

CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video

 CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...