Sabtu, 30 Oktober 2021

Jurnal Refleksi - Minggu 10

 Jurnal Refleksi - Minggu 10

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari Eksplorasi Konsep Mandiri Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi, ada 3 yaitu Diferensiasi Konten, Diferensiasi Proses, dan Diferensiasi Produk, Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu. Dilanjut dengan Ruang Kolaborasi bersama Fasilitator yang mana CGP dapat meningkatkan pemahamannya tentang berbagai strategi diferensiasi melalui latihan mencermati rencana pembelajaran milik orang lain.


2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya mempelajari hal diatas dari peristiwa ke peristiwa tersebut perasaan saya Alhamdulillah mulai memahami bagaimana saya harus merancang sebuah pembelajaran dikelas dengan konsep diferensiasi. Konsep ini merupakan serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid.

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan dalam modul 2.1 adalah pembelajaran yang Berdiferensiasi yang mana murid sangat beragam sebisa mungkin kita bisa mengikuti keinginan belajar murid sehingga guru bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dan guru mengacu pada 3 aspek : kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar murid.

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Action dari Pembelajaran Berdiferensiasi seorang CGP perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid karena murid sangat beragam sebisa mungkin kita bisa mengikuti keinginan belajar murid sehingga guru bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...