Sabtu, 02 Oktober 2021

1.4.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 7

 

Jurnal Refleksi - Minggu 7

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari Demonstrasi Konstektual Menerapkan Inkuiri Apresiatif dalam mengidentifikasi kepemimpinan pada murid di SMP kami dengan tahapan BAGJA. Prakarsa perubahan terwujudnya kepemimpinan pada murid, Guru Penggerak dapat merumuskan dan mencapai visi mereka yang menumbuhkan profil pelajar pancasila pada murid muridnya melalui inisiatif perubahan yang positif dan apresiatif. Di lanjutkan dengan elaborasi pemahaman VISI Guru Penggerak dan kebutuhan perubahan di Sekolah, dengan menanamkan keyakinan yakin bahwa semua murid dapat mencapai sesuatu/ prestasi (jika selaras kodratnya), yakin bahwa murid mampu mengambilkendali atas pembelajaran dan pencapaian mereka (efikasi/ determinasi diri), yakin bahwa dalam proses belajar hubungan guru murid adalah kemitraan. Selanjutnya adanya koneksi antar materi Visi Guru Penggerak ; Berbagi mimpi murid impian, pemetaan kekuatan visi guru penggerak, menerapkan inkuiri apresiatif berdasarkan tahapan BAGJA menciptakan profil pelajar pancasila. Yang terakhir adanya aksi nyata berupa berkolaborasi dengan mitra sekolah untuk mencitakan sekolah yang kompetitif.

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya mempelajari hal diatas dari peristiwa ke peristiwa tersebut perasaan saya lumayan sedih karena ternyata setelah membaca dan menerapkan inkuiri apresiatif berdasarkan tahapan BAGJAVisi guru penggerak saya tarfnya benar benar belum punya power alias kurang percaya diri tetapi setelah mengikuti lokakarya kemarin adanya persamaan persepsi antar CGP yaitu berupa Solusi untuk bisa meningkatkan kompetensi dengan berkolaborasi jadi saya punya optimistis dan semangat untuk bergerak.

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan dalam proses pembelajaran mengenai Inkuiri Apresiatif Visi Guru Penggerak berdasarkan tahapan BAGJA adalah seorang guru penggerak harus bisa menmenguatkan individu dan semangat gotong royong yang berpihak pada murid.

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Actin dari peran Guru Penggerak yaitu yang pertama evaluasi diri terhadap kompetensi , selanjutnya membuat perencanaan pengembangan terhadap kompetensi tersebut. Diawali dengan prakarsa perubahan yang meningkatkan kualitas layanan pendidikan disekolah sehingga berpihak pada murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...