Selasa, 23 April 2024

3.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan awal pembelajaran ini saya melakukan pembelajaran mandiri dengan tujuan pembelajaran : CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid. Pada sesi ini, saya diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang bertujuan untuk memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Ibu/Bapak terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Ibu/Bapak untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini. Berikut pertanyaan pemantik dan jawaban saya :

1.    Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?

2.    Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

Jawaban saya :

1.    Program yang berdampak pada murid adalah program pendidikan yang secara positif memengaruhi perkembangan, peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kesejahteraan siswa atau peserta lainnya. Program ini dirancang untuk memberikan manfaat langsung kepada murid dalam berbagai aspek kehidupan mereka, seperti akademik, sosial, emosional, dan keterampilan hidup.

2.    Program-program yang berdampak pada murid secara langsung terkait dengan pengembangan kepemimpinan murid diantaranya : memberikan kesempatan untuk berpartisipasi, memberikan kesempatan untuk berpartisipasi, Mendorong refleksi dan pertumbuhan diri, dll

 

Selanjutnya pada sesi pembelajaran 1 saya belajar tentang perbedaan kegiatan intra kulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler.  Program intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler merupakan suaty rangkaian dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, dimana masing-masing program memiliki peran dan saling melengkapi dalam rangka mencapai pendidikan yang berpihak pada murid.

Saya menuliskan refleksi tentang beberapa pertanyaan berikut :

1.    Apa kegiatan/programnya?

2.    Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?

3.    Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?

4.    Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?

5.    Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?

6.    Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?

7.    Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 13 sub bahasan. Pada setiap Sub Bahasan saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas saya. Pada sesi pembelajaran kali ini, saya banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan materi tentang kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid dan lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid. Serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pertemuan pertama pada tanggal 5 Maret 2024

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam satu kelas kami dibagi menjadi 3 kelompok dan melakukan diskusi dengan menyusun program sekolah yang berdampak bagi murid.

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemuan kedua pada tanggal 6 Maret 2024

Kami melakukan pertemuan virtual kembali dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok tentang Pemetaan 7 modal aset utama sekolah. Saya dan rekan-rekan satu kelompok yang terdiri dari 4 orang melakukan pembagian tugas dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai Morderator, Penyamai Materi, Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab Pertanyaan dari kelompok lain. Dalam proses presentasi kami membuka forum untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut antar kelompok saling memberi tanggapan, pertanyaan dan solusi.

Di akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara virtual ini ditutup dengan sesi foto bersama.

Berikut tautan tugas ruang kolaborasi yang kami laksanakan :

https://drive.google.com/file/d/1S_Z_AWzTHquFzwooEd8w7WrKjY2FiqT-/view?usp=sharing

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Pertanyaan Pemantik 

1.    Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?

2.    Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?

3.    Siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?

4.    Bagaimana kita dapat menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolah?

      Dalam tahapan ini, saya membuat perencanaan program/kegiatan yang lebih detail di sekolah saya. Berikut tugas yang saya buat untuk kegiatan demonstrasi kontekstual

https://docs.google.com/document/d/1MHx7rukT2GRebzassNuM8X3uThxXh6T9/edit?usp=sharing&ouid=103069306319049100010&rtpof=true&sd=true

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai Melalui diskusi dan tanya jawab dengan instruktur, CGP dapat mengelaborasi pemahamannya terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul Program pengelolaan yang berdampak positif bagi murid, dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk mendemonstrasikan pemahaman saya,  selanjutnya saya dan teman-teman CGP berdiskusi dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman kami. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2024

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada sesi pembelajaran kali ini, saya membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Berikut adalah pertanyaan pemantik dalam tugas koneksi antar materi :

1.    Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?

2.    Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?

3.    Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara modul ini dengan modul-modul sebelumnya?

4.    Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid.

5.    Bagaimana seharusnya program-program atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?

Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini :

https://drive.google.com/file/d/1qbjx08d0Zbp31f_xtHjpJ2vD-p2v4bQh/view?usp=sharing

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, saya melakukan aksi nyata dengan menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. Kemudian saya membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut  berdasarkan pertanyaan pemantik berikut:

·         Bagaimana saya dapat menerapkan rancangan program yang telah saya buat ke dalam bentuk aksi nyata? Langkah-langkah apa yang bisa saya lakukan?

Berikut adalah video aksi nyata saya :

https://youtu.be/SRZngD_aIXk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...