Minggu, 05 Mei 2024

3.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD NEGERI JAGAMANGSAN 3

2

Nama Calon Guru Penggerak

RINA TRIMULYATI,S.Pd.SD

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge) dan mengamati keterampilan seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan dengan berada di antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya murid, orang tua murid, guru, yayasan, dan pihak komunitas sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP mampu menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan dalam studi kasus yang mereka dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.

CGP akan mendalami materi melalui studi kasus. Para CGP akan membaca  4 studi kasus untuk kemudian memilih 1 kasus untuk dianalisis. Setiap CGP perlu memberikan minimal dua komentar/tanggapan terhadap hasil analisis CGP lainnya yang diu nggah di LMS.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.



UNGGAH TUGAS RUKOL

https://youtu.be/cK3-LVL6xDU?si=VYomcY02dSPUtWPQ

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan suatu analisis atas penerapan proses pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan di sekolah asal masing-masing dan di sekolah/lingkungan lain.

 

https://youtu.be/NMRIzZk8W4Y?si=9SPt1JB6rdS3jMfO

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan.

Pertanyaan Pemantik:

  1. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut? 
  2. Apa yang menarik perhatian saya? 
  3. Apa yang belum saya pahami?

 

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  1. CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media.
  2. CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.

Kegiatan Pemantik:

Bacalah kutipan ini dan tafsirkan apa maksudnya:

“Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik”
(Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best).
Bob Talbert

UNGGAH TUGAS:

https://youtu.be/ozQoSnEGsOA?si=ATwVSskwCwacoEgD

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP dapat mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di sekolah CGP.

UNGGAH TUGAS:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...