Pembelajaran Sosial dan Emosional
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama Sekolah |
SMK Muhammadiyah Prambanan |
2 |
Nama Calon Guru Penggerak |
SIDIK PURNOMO,S.Pd.T. |
3 |
Kegiatan Mulai Dari Diri |
|
4 |
Kegiatan Eksplorasi Konsep |
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menjelaskan urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional
untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat
meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being)
secara optimal. CGP dapat menjelaskan konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional
berdasarkan kerangka kerja CASEL
(Collaborative for Academic,
Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima)
Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri,
kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab. CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang konsep kesadaran
penuh (mindfulness) sebagai dasar pengembangan 5 kompetensi sosial
emosional (KSE). CGP dapat menjelaskan bagaimana implementasi pembelajaran sosial
emosional di kelas dan sekolah melalui 4 indikator, yaitu: pengajaran
eksplisit, integrasi dalam praktik
mengajar guru dan kurikulum akademik,
penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan pembelajaran
sosial emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah. |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Tujuan Pembelajaran Khusus: Mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi 5 kompetensi
sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:
|
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Tujuan Pembelajaran Khusus: Menguraikan bentuk penerapan
pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai
dengan jenjang pendidikan masing –masing |
7 |
Kegiatan Demonstrasi Kontekstual |
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP
dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran
Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
|
9 |
Kegiatan Koneksi Antar Materi |
https://drive.google.com/file/d/1M5ijEmiJhfdCvlw7gC7_BxRHcnFXgkGX/view?usp=sharing |
10 |
Kegiatan Aksi Nyata |
Tujuan Pembelajaran Khusus: Membagikan pemahaman tentang
implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator,
yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar
guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan
penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di
sekolah dan serta merefleksikannya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar