Minggu, 05 Mei 2024

2.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pembelajaran Sosial dan Emosional

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK Muhammadiyah Prambanan

2

Nama Calon Guru Penggerak

SIDIK PURNOMO,S.Pd.T.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP merefleksikan kompetensi sosial dan emosional dirinya maupun murid

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat menjelaskan urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman  agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.

CGP dapat menjelaskan konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL  (Collaborative  for Academic, Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang konsep kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar pengembangan 5 kompetensi sosial emosional  (KSE).

CGP dapat menjelaskan bagaimana implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas dan sekolah melalui 4 indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam  praktik mengajar guru dan kurikulum akademik,  penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan pembelajaran sosial emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah.

 

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas dan sekolah.

Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:

  1. Apakah kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana Anda mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?
  2. Apakah kemampuan kerja sama yang ingin Anda tingkatkan dalam diri Anda?
  3. Apakah ide pembelajaran 5 KSE  yang dapat Anda terapkan di kelas dan sekolah Anda?

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Menguraikan bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan  jenjang  pendidikan masing –masing

 

https://youtu.be/OHBhSsBC3Tc

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)    

 

https://youtu.be/uKSkjIyFy3w

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat menggali ide-ide untuk mengkonsolidasi dan menumbuhkembangkan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional baik di kelas, sekolah, hingga keluarga dan komunitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

 

 

 

https://drive.google.com/file/d/1M5ijEmiJhfdCvlw7gC7_BxRHcnFXgkGX/view?usp=sharing

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu:  pengajaran eksplisit, integrasi dalam  praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah  dan serta merefleksikannya.


https://youtu.be/eK7CZWyEeYE

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...