Minggu, 05 Mei 2024

2.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pembelajaran Sosial dan Emosional

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Jagamangsan 3

2

Nama Calon Guru Penggerak

RINA TRIMULYATI, S.Pd.SD

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Di kegiatan Mulai diri ini saya belajar merefleksikan kompetensi social dan emosional saya dan murid saya.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Di kegiatan ini saya belajar dapat menjelaskan urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman  agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal dan saya juga belajar memahami setiap kasus –kasus yang terjadi.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Dalam kegiatan ini saya berdiskusi dengan teman sejawat dan fasilitator mengenai 5 penerapan PSE.

 

 

 

 

 


6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Dalam sesi 2 ini kami mempersentasikan hasil diskusi

Kegiatan persentasi ada di link berikut ini

https://youtu.be/z4MgmQQN5Tk?si=waLTWaJJ2X2Lrsc8

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Di sesi ini saya belajar mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan membuat RPP Diferensiasi.

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam kegiatan ini saya belajar PSE bersama instruktur

 

 

 

 

 

 


9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Saya melakukan refleksi pengetahuan sebelum, selama, dan sesudah mempelajari modul ini, berikut ada dalam link youtube ini https://youtu.be/TU6tMaYAIlA?si=P39ZjFTKBrY-_7no

10

Kegiatan Aksi Nyata

Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu:  pengajaran eksplisit, integrasi dalam  praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah  dan serta merefleksikannya. Dan saya pun melakukan kegiatan aksinyata saat Pndampingan Individu yaitu mengajar PSE, berikut adalah link aksi nyata saya https://youtu.be/-DprQj2NB3Y?si=h1UY8sHx4O7d6dNG


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...