Minggu, 05 Mei 2024

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK Muhammadiyah Prambanan

2

Nama Calon Guru Penggerak

SIDIK PURNOMO ,S.Pd.T.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan

 gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih

 baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat menjelaskan apa konsekuensi dari keragaman murid-murid

 yang ada di kelas mereka.

CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang yang dimaksud dengan

pembelajaran berdiferensiasi.

CGP dapat menjelaskan bagaimana cara mengetahui kebutuhan belajar murid.

https://drive.google.com/file/d/1d2IDTHW_6OeY8O0GCK36PWLXKfhc6lJy/view?usp=sharing

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

bersama rekan kelompok telah menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk satu materi yang telah dipilih. Selanjutnya, Anda akan bertemu dengan fasilitator dalam kelompok besar dalam ruang virtual yang telah disediakan untuk mempresentasikan hasil analisis skenario implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan saling memberikan tanggapan hasil analisa kelompok lain.

 

https://www.canva.com/design/DAFyRTkT_nw/7PewM8IpmyfDdbZHXP4mug/edit?utm_content=DAFyRTkT_nw&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat membuat Rencana pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi

 

https://drive.google.com/file/d/1YYV4Wx3lkMQLIr903y1CfsJMeXYDFVxC/view?usp=sharing

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi lewat proses tanya jawab dan diskusi.

Pertanyaan Pemantik:

  1. Sejauh ini, adakah yang masih membuat saya bingung atau gelisah tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi? Pertanyaan-pertanyaan apa yang masih saya miliki?
  2. Bagaimana saya akan menggunakan sesi elaborasi ini untuk membantu saya mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya?

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Tujuan Pembelajaran Khusus: :

CGP dapat membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya.

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

  1. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?
  2. Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?
  3. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

 

https://www.youtube.com/watch?v=r-LP3LxgS1c

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap  implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...