Budaya Positif
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama Sekolah |
SDN Karangwuni Depok |
2 |
Nama Calon Guru Penggerak |
Anik Rahmawati |
3 |
Kegiatan Mulai Dari Diri |
Pada kegiatan ini,dimulai dengan
mengaitkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari
sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan
konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. Kemudian mengamati bagaimana
sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan
positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan
bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara. |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada kegiatan ini saya menksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri
dari beberapa bagian yaitu. 2.1. Disiplin
Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal
2.2. Teori
Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi
2.3. Keyakinan Kelas
2.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
2.5. Restitusi - Lima Posisi Kontrol
2.6. Restitusi - Segitiga Restitusi
Didalam
explorasi konsep terdapat pertanyaan dan refleksi yang sudah saya buat. |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
|
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
|
7 |
Kegiatan Demonstrasi Kontekstual |
Pada kegiatan ini saya mempraktikan
segitiga restitusi terhadap murid di sekolah saya dalam bentuk video sbb |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
|
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Pada kegiatan ini saya berusaha :
|
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada kegiatan ini saya menyampaikan pembelajaran dari
penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman mereka
mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif Dalam
bentuk vidio |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar