Senin, 06 Mei 2024

1.4.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Budaya Positif

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SDN Karangwuni Depok

2

Nama Calon Guru Penggerak

Anik Rahmawati

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan ini,dimulai dengan mengaitkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. Kemudian mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya menksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.

2.1. Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal
2.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi 
2.3. Keyakinan Kelas
2.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
2.5. Restitusi - Lima Posisi Kontrol
2.6. Restitusi - Segitiga Restitusi

 

Didalam explorasi konsep terdapat pertanyaan dan refleksi yang sudah saya buat.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya mempraktikan segitiga restitusi terhadap murid di sekolah saya dalam bentuk video sbb

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

 

 

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya berusaha :

  • Memahami keterkaitan konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1, 1.2 dan 1.3.
  • Menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah.

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman mereka mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif

Dalam bentuk vidio

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...