Senin, 06 Mei 2024

1.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Jagamangsan 3 Berbah Sleman

2

Nama Calon Guru Penggerak

Rina Trimulyati, S.Pd. SD

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Dalam kegiatan ini saya belajar mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat dalam pribadi saya sendiri dan menjelaskan peran diri saya sebagai seorang Guru di dalam lingkungan SD jagamangsan 3.

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Di Modul ini saya belajar tentang :

  1. Bagaimana manusia tergerak yang meliputi cara kerja otak,5 kebutuhan dasar manusia, dan tahap tumbuh kembang anak.
  2. Bagaimana manusia merdeka bergerak meliputi berdaya dalam memilih, termotivasi dari dalam, Mewujudkan profil pelajar pancasila dan nilai – nilai guru penggerak.

C.  Bagaimana menggerakan manusia menuntun kekuatan kodrat manusia yang meliputi berpikir strategis dan menguatkan lingkaran pengaruh, diagram gunung es dan peran guru penggerak. Setelah mempelajari paparan materi dalam tahap eksplorasi konsep ini, saya menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan yang ada pada Forum diskusi tertulis.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Dalam kegiatan rukol sesi 1 ini saya, para cgp lain berdiskusi dengan di pandu oleh fasil mengenai :

  1. Dalam kelompok, bagaimana saya dapat berkontribusi dalam merancang SATU kegiatan yang sesuai dengan SATU peran GP yang kelompok pilih dalam upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki oleh masing-masing rekan dalam kelompok saya? Susunlah gambaran (rancangan) singkat kegiatan yang berbasis kekuatan nilai setiap anggota kelompok.
  2. Siapa (1 orang) rekan dalam kelompok saya di Ruang Kolaborasi yang menurut saya sudah memiliki satu nilai yang saya masih perlu kembangkan?. Apakah nilai itu?. Dan mengapa itu penting untuk saya dan proses kolaborasi kelompok?. Tuliskan dalam bentuk surat terimakasih dan apresiatif pada rekan tersebut (untuk nantinya dikirimkan melalui aplikasi pesan singkat).

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Disesi ke 2 ada kegiatan persentasi kelompok. Saya berkelompok dengan : Pak Bimo, bu Titin, Bu Mela, dan Saya Bu Rina. Hasil persentasi Rukol nya ada di link https://youtu.be/tdbQRexxvCQ?si=EZ-1CRL-dYX1KuPC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surat Apresiatif dari Pak Bimo kepada saya,. untuk tugas Refleksi

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya membuat gambaran diri saya sebagai Guru Penggerak di masa depan dalam bentuk video https://youtu.be/ZX7PwYptYJU?si=G9bjkj-3ABxffYXS

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam kegiatan ini saya berdiskusi dengan CGP lain dipandu oleh instruktur untuk memperoleh pemahaman, mengenai ragam praktik baik yang bisa dilakukan terkait penumbuhan nilai dalam diri seseorang melalui google meet.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Di kegiatan ini saya belajar menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini sebenarya sudah saya jalani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...