Senin, 06 Mei 2024

1.4.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Budaya Positif

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK Muhammadiyah Prambanan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Sidik Purnomo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan ini saya :

  • Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. 
  • Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.

Kemudia ada 4 pertanyaan dan 1 refleksi yang sduah saya kerjakan.

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya menksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.

2.1. Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal
2.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi 
2.3. Keyakinan Kelas
2.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
2.5. Restitusi - Lima Posisi Kontrol
2.6. Restitusi - Segitiga Restitusi

 

Didalam explorasi konsep terdapat pertanyaan dan refleksi yang sudah saya buat.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

 

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya mempraktikan segitiga restitusi terhadap murid di sekolah saya dalam bentuk video sbb :

 

https://www.youtube.com/watch?v=OjaxhAVS8ms

 

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

 

 

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya berusaha :

  • Memahami keterkaitan konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1, 1.2 dan 1.3.
  • Menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah.

https://drive.google.com/file/d/1pwI3u68UhyTn0yWrATEqpmBZI4lQa1Vt/view?usp=sharing

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Rangkaian kegiatan ini saya melakukan Diseminasi Budaya Positif dengan audience 20 rekan guru. Dokumentasi berupa  video sbb ;

https://www.youtube.com/watch?v=T4CU_1j4A-U

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...