Visi Guru Penggerak
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD
Negeri Jagamangsan 3 |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Rina
Trimulyati, S.Pd. SD |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Di
kegiatan ini saya belajar merumuskan
visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil
Pelajar Pancasila. |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Di
explorasi konsep ini saya belajar mengenai
visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif
perubahan dalam pendidikan dan belajar mengenai manajemen perubahan dengan
pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Saya
dan teman kelompok menyusun rencana
BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang
mempertimbangkan profil pelajar pancasila, aset, dan operasionalisasi
pencapaiannya dipandu oleh fasilitator. |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Pada
tahap berikutnya, dengan panduan fasilitator, Saya dan teman kelompok mempresentasikan serta saling memberikan
umpan balik atas visi, pernyataan prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA yang
dihasilkan kelompok, kepada kelompok yang lain. Diskusi ini dilakukan secara
sinkronus |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Pada
kegiatan ini saya :
Dalam
bentuk video sbb : |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Sebagai
persiapan untuk berdiskusi bersama instruktur, saya menuliskan pertanyaan
yang akan saya sampaikan kepada instruktur ketika pertemuan tatap maya dengan
instruktur yaitu : Ketika
membuat visi sekolah perlukah kita cantumkan 6 dimensi yang ada di profil
pelajar pancasila pada visi yang kita buat ? atau boleh mengambil beberapa
dimensi yang ada di profil pelajar pancasila untuk dituliskan pada visi yang
dibuat ? |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
●
Di
tahap ini, saya merefleksikan dan
mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini,
dengan merespon pertanyaan berikut: Apa
yang saya pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi
pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada
murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu? Kemudian
saya meRevisi dan rumuskan dengan
penuh keyakinan, visi yang telah saya buat berdasarkan jawaban pertanyaan
diatas, ke dalam sebuah VISI yang
membuat saya bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap
orang yang membacanya! https://youtu.be/B74dp7ysgMo?si=ipWZhoZUb-g4oyn8 |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada
kegiatan ini sudah saya jalani. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar