Senin, 06 Mei 2024

1.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Visi Guru Penggerak

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Jagamangsan 3

2

Nama Calon Guru Penggerak

Rina Trimulyati, S.Pd. SD

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Di kegiatan ini saya belajar  merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.
https://youtu.be/AMCtKOCxYZ0?si=sHft1QUyfdZizK-R

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Di explorasi konsep ini saya belajar mengenai  visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan dan belajar mengenai manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Saya dan teman kelompok  menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan profil pelajar pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya dipandu oleh fasilitator.

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada tahap berikutnya, dengan panduan fasilitator, Saya dan teman kelompok mempresentasikan serta saling memberikan umpan balik atas visi, pernyataan prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA yang dihasilkan kelompok, kepada kelompok yang lain. Diskusi ini dilakukan secara sinkronus

 

 

https://youtu.be/Q0vBNRbLbes?si=-WZH4dIT8-j_KxSt

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya :

  1. Mempraktekan penerapan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
  2. Menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

Dalam bentuk video sbb :

 

https://youtu.be/qomnzeNLIaE?si=7DkiSDX_EYNUxAGR

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Sebagai persiapan untuk berdiskusi bersama instruktur, saya menuliskan pertanyaan yang akan saya sampaikan kepada instruktur ketika pertemuan tatap maya dengan instruktur yaitu :

Ketika membuat visi sekolah perlukah kita cantumkan 6 dimensi yang ada di profil pelajar pancasila pada visi yang kita buat ? atau boleh mengambil beberapa dimensi yang ada di profil pelajar pancasila untuk dituliskan pada visi yang dibuat ? 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

        Di tahap ini, saya merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

Apa yang saya pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

 

Kemudian saya meRevisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah saya buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat saya bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

https://youtu.be/B74dp7ysgMo?si=ipWZhoZUb-g4oyn8

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini sudah saya jalani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...