Budaya Positif
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD
Negeri Jagamangsan 3 |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Rina
Trimulyati, S.Pd,SD |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Di
Kegiatan Mulai dari diri saya belajar Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang
telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara
dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah dan saya
juga belajar Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing
dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi
yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki
Hadjar Dewantara melalui pertanyaan pertanyaan yang ada di mulai dari diri
dan saya juga belajar refleksi mandiri, harapan untuk diri sendiri, harapan
untuk murid dan ekspektasi. |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada
kegiatan ini saya menksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari
beberapa bagian yaitu. 1.
Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal 2.
Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi 3.
Keyakinan Kelas 4.
Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas 5.
Restitusi - Lima Posisi Kontrol 6.
Restitusi - Segitiga Restitusi Didalam
explorasi konsep terdapat pertanyaan dan refleksi yang sudah saya buat. |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Saya
belajar menganalisis kasus-kasus yang disediakan berdasarkan konsep-konsep
inti dalam modul Budaya Positif bersama CGP lain dalam Komunitas Praktisi dan
saya juga belajar mempresentasikan
hasil analisis studi kasus berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya
Positif. |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Pada
sesi dua di ruang kolaborasi ini, saya berdiskusi secara virtual bersama
fasilitator dengan ketentuan sebagai berikut:
|
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Pada
kegiatan ini saya mempraktikan segitiga restitusi terhadap murid di sekolah
saya dalam bentuk video sbb : |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Dalam
Pembelajaran ini, kita akan mengelaborasi pemahaman mengenai budaya positif
bersama instruktur. |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Pada
kegiatan ini saya berusaha : ●
Memahami keterkaitan
konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1, 1.2 dan 1.3. ●
Menyusun
langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk
mewujudkan budaya positif di sekolah. Yang
sudah saya buat di link berikut : |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada
kegiatan ini saya menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari
modul budaya positif serta pemahaman saya mengenai konsep-konsep inti dalam
modul Budaya Positif Dalam
bentuk video sbb ; |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar