Senin, 06 Mei 2024

1.4.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Budaya Positif

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Jagamangsan 3

2

Nama Calon Guru Penggerak

Rina Trimulyati, S.Pd,SD

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Di Kegiatan Mulai dari diri saya belajar Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah dan saya juga belajar Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara melalui pertanyaan pertanyaan yang ada di mulai dari diri dan saya juga belajar refleksi mandiri, harapan untuk diri sendiri, harapan untuk murid dan ekspektasi.

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya menksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.

1. Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal

2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi 

3. Keyakinan Kelas

4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas

5. Restitusi - Lima Posisi Kontrol

6. Restitusi - Segitiga Restitusi

Didalam explorasi konsep terdapat pertanyaan dan refleksi yang sudah saya buat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Saya belajar menganalisis kasus-kasus yang disediakan berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif bersama CGP lain dalam Komunitas Praktisi dan saya juga belajar  mempresentasikan hasil analisis studi kasus berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif.

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada sesi dua di ruang kolaborasi ini, saya berdiskusi secara virtual bersama fasilitator dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Setiap kelompok akan menyajikan hasil analisis studi kasus yang telah didiskusikan dalam kerja kelompok sebelumnya.
  2. Setiap kelompok penyaji akan mendapatkan satu kelompok hadirin yang bertugas memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok penyaji. Tentunya setelahnya kelompok lain dipersilakan memberikan tanggapan mereka juga.

   

 

 

 

 

 

 

https://youtu.be/HiSHR-wRVKM?si=KbegFtzlOW4SXbOS

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya mempraktikan segitiga restitusi terhadap murid di sekolah saya dalam bentuk video sbb :

 

https://youtu.be/4oH-rMD__nY?si=Z-SOpdKga6xj_5lg

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam Pembelajaran ini, kita akan mengelaborasi pemahaman mengenai budaya positif bersama instruktur.

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya berusaha :

        Memahami keterkaitan konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1, 1.2 dan 1.3.

        Menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah.

Yang sudah saya buat di link berikut :

https://youtu.be/3fYE7BGRIfg?si=g7v9SVqlk7DjO9XG

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman saya mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif

Dalam bentuk video sbb ;

https://youtu.be/pTffmKVWgds?si=gitV65D9eC3o2TlG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...