Selasa, 23 April 2024

3.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK Trisula 1 Depok

2

Nama Calon Guru Penggerak

Nur Ahmadi

3

Kegiatan Mulai      Dari Diri

Mulai dari diri sebagai alur awal MERDEKA dikerjakan melakui moda mandiri dengan mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi ini saya diwajibkan

untuk memberikan respon terhadap beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana pengetahuan saya sebagai peserta program tentang materi kali ini.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi konsep ini, memberikan kesempatan pada saya dalam melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pedekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah singkat Pendekatan Asser-Based Comunnity Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas. Di sesi pembelajaran ini, CGP juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang nantinya akan diduskusikan pada

forum diskusi.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Ruang Kolaborasi modul 3.2 di forum diskusi 1 telah dihadiri oleh CGP kemudian bersama CGP lain dibuatkan kelompok oleh instruktur, CGP diminta untuk dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif. Pemetaan aset di daerah oleh untuk sekolah nantinya akan dipersentasikan kepada kelompok lain


 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada ruang kolaborasi sesi 2 di modul 3.2.Kelompok saya yaitu Bu meilan, Bu anik dan Pak Bimo dan saya sendiri.Pada diskusi ini kami menggambil pemetaan asset di sekolah bu meilan yang terletak di kecamatan depok sesuai dengan lokasi sekolah saya, banyak sekali asset yang didapat dari diskusi ini.

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada, mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada, mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video dan dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Kegiatan tersebut saya tuangkan dalam bentuk PDF sbb :

 

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini saya Bersama CGP Angkatan 9 menguatkan Kembali materi modul 3.2 bersama instruktur.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Di Kegiatan ini saya menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya dalam bentuk pdf.

10

Kegiatan Aksi Nyata

Di kegiatan ini saya Bersama warga sekolah dan warga lingkungan sekolah memetakan asset yang ada di sekolah dan di sekitar sekolah.

Hasil pemetaan saya tuangkan dalam bentuk pdf :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...