Minggu, 28 November 2021

2.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 14

 

Jurnal Refleksi - Minggu 14

 1.      Facts (Peristiwa)

     Bismillah berawal dari Demonstrasi Kontekstual dilanjutkan Elaborasi Pemahaman Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional dengan Instruktur dilanjutkan dengan Koneksi Antar Materi, CGP diajak untuk flashback karena untuk Pembelajaran Sosial Emosional CGP bisa menghubungkan atau mengkoneksikan modul modul yang sudah di pelajari untuk bisa diterapkan di PSE ini, semisal Filosofi Pendidikan Pendidikan di Modul 1.1, trus Nilai Nilai dan Peran Guru Penggerak di Modul 1.2, trus Visi Guru Penggerak di Modul 1.3, trus Budaya Positif di Modul 1.4. trus dilanjut dengan Modul 2.1 Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Murid. Kelima Modul yang sudah di pelajari di kombinasikan kedalam Pembelajaran Sosial dan Emosional di Modul 2.2.

 

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya menerapkan Pembelajaran Sosial Emosional adalah Sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain, dapat membuat keputusan dan mengatur tingkah lakunya sendiri, dapat memenuhi kebutuhan dirinya dengan menciptakan dan mengelola lingkungan dengan baik, memiliki tujuan hidup dan membuat hidup mereka lebih bermakna, serta berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya.

 

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan Pembelajaran Sosial Emosional ini CGP dapat menumbuhkan kesadaran penuh yang dilandasi perhatian yang berkualitas, keterbukaan, rasa ingin tahu, apresiasi, refleksi, kepedulian agar dapat mengelola kompetensi sosial dan emosionalnya dan dapat menerapkan pembelajaran kompetensi sosial dan emosional bagi murid di kelas, sekolah, dan komunitasnya untuk terwujudnya well-being

 

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Action dari Pembelajaran Sosial Emosional adalah : 1. memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri) 2. menetapkan dan mencapai tujuan positif (manajemen diri) 3. merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial) 4. membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan berelasi) 5. membuat keputusan yang bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...