Minggu, 05 Desember 2021

2.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 15

 

Jurnal Refleksi - Minggu 15

 

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari Mulai dari diri , Eksplorasi Konsep-Mandiri , Eksplorasi Konsep-Forum Diskusi (asinkron). Eksplorasi Konsep Coaching dalam konteks Pendidikan CGP dapat mengidentifikasi perbedaan antara coaching dengan mentoring dan konseling dalam konteks pendidikan. Eksplorasi Konsep Komunikasi yang Memberdayakan CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang Komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar melakukan coaching, dan CGP dapat membuat pertanyaan-pertanyaan yang efektif dalam melakukan pendekatan coaching pada murid. Eksplorasi Konsep TIRTA sebagai model coaching, CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman mengenai model coaching TIRTA dan dapat mengidentifikasi langkah-langkah dalam model coaching TIRTA.

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya Membaca Modul 2.3 CGP di harapkan bisa membantu memerankan diri sebagai coach bagi murid saya agar mereka menjadi lebih merdeka, baik merdeka dalam belajar maupun merdeka dalam menentukan arah hidupnya di masa mendatang.

Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah keterampilan coaching sebagai bentuk pendekatan komunikasi sebagai seorang pendidik. Mereka hanya memerlukan dorongan dan tuntunan dari Guru sebagai pemimpin pembelajaran untuk melejitkan potensi mereka.

 

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan dalam pembelajaran ini bukan hal yang mudah karena sebagai pemimpin pembelajaran terkadang kita tergoda untuk berupaya membantu permasalahan murid secara langsung dengan memberikan solusi dan nasehat. Dengan keterampilan coaching dalam berkomunikasi, harapannya anak didik kita menjadi lebih terarah dan dapat menemukan solusinya secara mandiri yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi mereka.

 

4.      Future (Penerapan)

Implementasi kedepan Kita semua memahami jika murid kita bukanlah kertas kosong. Mereka datang dengan berbagai latar belakang, kemampuan, dan potensi. Tugas Guru adalah menjadikan latar belakang mereka sebagai pondasi kuat bagi Kita dalam memimpin pembelajaran. Selain itu, Kita juga bertugas meningkatkan kemampuan dan melejitkan potensi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...