Senin, 22 November 2021

2.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 13

 

Jurnal Refleksi - Minggu 13

1.      Facts (Peristiwa)

     Bismillah berawal dari Eksplorasi Konsep Forum Diskusi sesame CGP, Ruang Kolaborasi Pengerjaan dan Presentasi hasil diskusi kelompok, dan Refleksi terbimbing. Saya menjadi lebih memahami ada 4 cara penerapan pembelajaran Sosial Emosional yaitu Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE)  secara spesifik dan eksplisit, Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid, Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid, dan Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.

 

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya menerapkan Kompetensi Sosial Emosional saya menerapkan 5 KSE yaitu : Kesadaran Diri, Pengelolaan Diri, Kesadaran Sosial, Ketrampilan Sosial, dan  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab. Kelima ide KSE tersebut sangat cocok diterapkan untuk membuat pembelajaran lebih bervariasi dan mengetahui kemampuan siswa.

 

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan Pembelajaran Sosial Emosional ini Guru bisa menerapkan karakteristik dengan mengembangkan Kompetensi Sosial Emosional yang telah disesuaikan. 5 KSE tersebut yaitu : Kesadaran Diri, Pengelolaan Diri, Kesadaran Sosial, Ketrampilan Sosial, dan  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

 

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Action dari Pembelajaran Sosial Emosional adalah Guru bisa memodifikasi ide ide yang ada dalam kegiatan yang akan diterapkan dari 4 penerapan PSE, yaitu Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE)  secara spesifik dan eksplisit, Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid, Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid, dan Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...