Sabtu, 18 September 2021

1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 5

 

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari Eksplorasi Pemahaman Nilai – nilai dan Peran Guru Penggerak bersama Instruktur yaitu capaian khusus modul 1.2 memahami bagaimana emosi dan cara kerja otak dalam menumbuhkan nilai – nilai dan karakter, memahami bahwa profil pelajar pancasila(dan Peran – Nilai GP) ditumbuhkan lewat keteladanan, serta pembiasaan yang konsisten dan sistemik, dan menuntut CGP untuk aktif membuat pembelajaran yang positif. Dilanjutkan koneksi antar materi, Aksi Nyata, Mulai dari diri  modul 1.3 Visi GP ( Mencetak Generasi Penerus Masa Depan Bangsa Yang Berprofil Pancasila, dilanjutkan Refleksi Mandiri Modul 1.3 bermimpi tinggi dan memulai mewujudkannya dan kekuatan pribadi yang dimiliki CGP.

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya belajar dari instruktur mengenai modul 1.2 seorang GP secara sadar menguatkan Profil Pelajar Pancasila ( dan Nilai-Peran GP)dalam dirinya demi menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada murid muridnya, inilah tanggung jawab seorang CGP untuk bisa menciptakan karakter atau kebiasaan perilaku baik di dalam diri murid sehingga terciptanya generasi penerus bangsa yang berkarakter profil Pelajar Pancasila.

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan dalam proses pembelajaran mengenai nilai nilai dan peran guru penggerak adalah seorang guru penggerak harus bisa menggerakkan , baik itu menggerakkan diri dan orang lain adanya Kebinekaan Global, adanya Bergotong Royong, Adanya Kreatif, Adanya Bernalar Kritis, Adanya Mandiri, Adanya Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia. Karena proses dari Calon Guru Penggerak adalah Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Action dari peran Guru Penggerak yaitu kolaboratif, keberpihakan kepada murid, inovatif, reflektif, mandiri, kelima nilai tersebut yang bisa dijadikan peran kita untuk menerapkan CGP sebagai pemimpin pembelajaran, mewujudkan kepemimpinan murid, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, dan menjadi coach bagi guru lain..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...