Selasa, 14 September 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru PenggerakForum

 

1.    Nilai dan Peran Guru Penggerak menurut saya adalah perlu memahami arti dari Guru Penggerak terlebih dahulu yaitu bagaimana manusia tergerak bergerak dan menggerakkan, Guru Penggerak mempunyai daur belajar yaitu Mengalami, Mengungkapkan, Mengolah, Menyimpulkan, dan Menerapkan. Disini ada 5 Nilai Guru Penggerak yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan Berpihak pada Murid, sedangkan Peran Guru Penggerak adalah Menggerakkan Komunitas Praktisi, Menjadi Coach Bagi Guru Lain, Menjadi Pemimpin Pembelajaran,Mendorong Kolaborasi, dan Menjadi Pemimpin Pembelajaran.

2.    Keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara adalah secara sadar Guru Penggerak menguatkan Profil Pelajar Pancasila dan Nilai Peran Guru Penggerak dalam dirinya demi menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya, Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.Manusia Merdeka yaitu manusia yang hidupnya lahir atau batinnya tidak tergantung kepada orang lain, tetapi bersandar atas kekuatan sendiri.

3.    Strategi yang bisa saya lakukan untuk mencapai nilai dan peran guru penggerak adalah dimunculkanya profil pelajar pancasila yaitu adanya Kebinekaan Global ( Mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, dan berkeadilan social), adanya Bergotong Royong ( Kolaborasi dan Kepedulian), Adanya Kreatif ( Menghasilkan gagasan yang original, Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Original, Dan Memiliki Keluwesan berpikir dalam mencari alternative solusi permasalahan) Adanya Bernalar Kritis ( Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, Menganalisa dan Mengevaluasi penalaran, Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Adanya Mandiri ( Pemahaman diri dan situasi, Regulasi diri), Adanya Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia (Akhlak Beragama, Akhlak Pribadi, Akhlak kepada manusia, Akhlak kepada Alam, Akhlak Bernegara).

4.    Pihak yang membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual tersebut adalah Keluarga, Rekan Guru, Murid, Pimpinan, Kesemuanya adalah semangat saya untuk bisa tercapainya mimpi yang sempat tertidur lumayan lama sekitar 7 tahun bergulat dengan data dan inilah datang kesempatan untuk bisa tergerak bergerak dan menggerakkan, dan tak lupa Allah SWT yang selalu memberikan kesehatan dan kesempatan sehingga terlaksana dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...