1.
Nilai dan Peran Guru Penggerak
menurut saya adalah perlu memahami arti dari Guru Penggerak terlebih dahulu
yaitu bagaimana manusia tergerak bergerak dan menggerakkan, Guru Penggerak mempunyai
daur belajar yaitu Mengalami, Mengungkapkan, Mengolah, Menyimpulkan, dan Menerapkan.
Disini ada 5 Nilai Guru Penggerak yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif,
Inovatif, dan Berpihak pada Murid, sedangkan Peran Guru Penggerak adalah
Menggerakkan Komunitas Praktisi, Menjadi Coach Bagi Guru Lain, Menjadi Pemimpin
Pembelajaran,Mendorong Kolaborasi, dan Menjadi Pemimpin Pembelajaran.
2.
Keterkaitan antara nilai dan
peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara adalah secara sadar
Guru Penggerak menguatkan Profil Pelajar Pancasila dan Nilai Peran Guru
Penggerak dalam dirinya demi menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada
murid-muridnya, Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat
yang ada pada anak anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
yang setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.Manusia
Merdeka yaitu manusia yang hidupnya lahir atau batinnya tidak tergantung kepada
orang lain, tetapi bersandar atas kekuatan sendiri.
3.
Strategi yang bisa saya lakukan
untuk mencapai nilai dan peran guru penggerak adalah dimunculkanya profil
pelajar pancasila yaitu adanya Kebinekaan Global ( Mengenal dan menghargai
budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab
terhadap pengalaman kebinekaan, dan berkeadilan social), adanya Bergotong
Royong ( Kolaborasi dan Kepedulian), Adanya Kreatif ( Menghasilkan gagasan yang
original, Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Original, Dan Memiliki Keluwesan
berpikir dalam mencari alternative solusi permasalahan) Adanya Bernalar Kritis
( Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, Menganalisa dan Mengevaluasi
penalaran, Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Adanya Mandiri (
Pemahaman diri dan situasi, Regulasi diri), Adanya Beriman, Bertaqwa kepada
Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia (Akhlak Beragama, Akhlak Pribadi, Akhlak kepada
manusia, Akhlak kepada Alam, Akhlak Bernegara).
4.
Pihak yang membantu saya dalam
mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual tersebut adalah Keluarga,
Rekan Guru, Murid, Pimpinan, Kesemuanya adalah semangat saya untuk bisa
tercapainya mimpi yang sempat tertidur lumayan lama sekitar 7 tahun bergulat
dengan data dan inilah datang kesempatan untuk bisa tergerak bergerak dan
menggerakkan, dan tak lupa Allah SWT yang selalu memberikan kesehatan dan
kesempatan sehingga terlaksana dengan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar