Senin, 20 September 2021

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

 Menurut saya yang menjadi informasi utama dalam bacaan dan video yang disajikan adalah Visi Mengelola Perubahan yang Positif, Untuk dapat mewujudkan visi sekolah dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Dalam pembelajaran kali ini, kita akan mengeksplorasi paradigma yang disebut Inkuiri Apresiatif (IA), IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif, dengan IA yang berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi.

Informasi apa yang paling dapat membantu saya dalam peran sebagai guru penggerak kelak? Adalah Menerapkan Inkuiri Apresiatif (Model BAGJA)

B-uat pertanyaan (Define)

Ø  Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

Ø  Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

A--mbil pelajaran (Discover)

Ø  Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

Ø  Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

G-ali mimpi (Dream)

Ø  Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

Ø  Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).

J-abarkan rencana (Design)

Ø  Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

Ø  Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

A-tur eksekusi (Deliver)

Ø  Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

Ø  Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...