Jumat, 10 September 2021

1.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 4

 1. Facts (Peristiwa)

Assalamu’alaikum WR.WB. Salam Guru Penggerak, berawal dari Ruang Kolaborasi bersama Bapak M.S. Agung Santosa sebagai fasilitator kami CGP diberi tugas untuk berdiskusi tentang Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak, Alhamdulillah selama dua hari kami di bagi menjadi dua kelompok yang terdiri enam CGP di setiap grupnya, pada wahtu presentasi terlihat sekali dari masing masing CGP menunjukkan mempunyai kehebatan disetiap ekosistem pendidikannya masing masing, dilanjutkan Refleksi Terbimbing terhadap apa yang sudah dilakukan selama menjadi guru penggerak, disitu muncul beberapa pertanyaan yang benar benar menunjukkan kondisi yang nyata pada diri saya sendiri, terus yang terakhir adanya demonstrasi konstektual terhadap apa yang akan tertanam bila kita nantinya sudah menyelesaikan pendidikan selama 9 bulan, apa yang bisa tersemat dalam diri kita tentang nilai nilai dan peran guru penggerak. Apakah kesemua Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak tersebut bisa terealisasi di kemudian hari, nah ini yang menjadi tantangan saya kedepannya.

2. Feelings ( Perasaan )

Yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak adalah senang ternyata dari yang saya praktikkan ternyata muncul nilai nilai yang tercantum didalamnya seperti keberpihakan sama murid, siswa dengan senang hati bisa benar benar merdeka belajarnya. Selanjutnya yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak adalah suatu Amanah yang diciptakan dari ALLAH SWT kita terlahir di Dunia ini sebagai seorang Kholifah atau Seorang Pemimpin, jadi secara tidak langsung Manusia di dunia ini sudah mempunyai kodrat nya sebagai seorang pemimpin.

3. Findings ( Pembelajaran )

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan adalah keberpihakan sama murid, karena dari peran kita sebagai guru penggerak murid adalah masa depan yang harus kita perjuangkan untuk mencapai kemuliaan di masa depanya sama seperti seorang Guru Penggerak menjadi petani yang menanam bibit padi jangan sampai bibit padi tersebut tidak bisa tumbuh subur dan tidak bisa menghasilkan panen. Dan Guru Penggerak sudah diawali dengan Tergerak , Bergerak dan Menggerakkan.

4. Future ( Penerapan )

Yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak adalah membuat suatu kompetensi diri yang harus dicapai dalam jangka pendek dan jangka panjang dan mempunyai target/ indikator ketercapaian, memotivasi diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...