Senin, 06 Mei 2024

3.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK MUHSMMADIYAH PRAMBANAN

2

Nama Calon Guru Penggerak

SIDIK PURNOMO

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Tujuan Pembelajaran Khusus: Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang: 

  • kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
  • lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
  • pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid

 

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Tujuan Pembelajaran Khusus

  • Berdasarkan pemahaman mereka terhadap konsep kepemimpinan murid,  CGP akan bekerja dalam kelompok  membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid.
  • CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.

 


6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.

 

 

https://drive.google.com/file/d/1m6Et0mlq4HIE9PQCwbT4-cQl5CsfAvOK/view?usp=sharing

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

 

 

https://drive.google.com/file/d/1Xz5d9P6GVql6XCooVuGtpSOY-xHZ-R5u/view?usp=sharing

 

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

 


9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.

Pertanyaan Pemantik: Bagaimana saya dapat mengaitkan intisari dari materi modul-modul guru penggerak yang telah saya pelajari untuk menjadi landasan teori bagi rencana program/kegiatan yang berdampak pada murid yang saya buat?

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=kSvANItZjf0

 

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan Pembelajaran Khusus:  

  1. CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. 
  2. CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

 

Pertanyaan Pemantik:

Bagaimana saya dapat menerapkan rancangan program yang telah saya buat ke dalam bentuk aksi nyata? Langkah-langkah apa yang bisa saya lakukan?

 

 

https://youtu.be/l6Fm7jKZ3xs

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...