Minggu, 05 Mei 2024

3.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD NEGERI JAGAMANGSAN 3

2

Nama Calon Guru Penggerak

RINA TRIMULYATI,S.Pd.SD

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

 

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah.
  2. CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah.
  3. CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD).
  4. CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya.

 

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.

 

                                                                                                          

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya  di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif

 

 

https://youtu.be/it7Jawiww6M?si=9iw_mvLkT4cSDU_4

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan

video praktik baik yang ada.

  1. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan

 masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.

  1. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  2. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh

video praktik baik ini.

 

https://youtu.be/TBeV7rScSTU

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur

 

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya.

 

https://youtu.be/FSWFYDoVAnU?si=dUeKeOemXk6gBSxA

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.

 

Sudah terlaksana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...