Rabu, 24 April 2024

2.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Coaching untuk supervisi Akademik

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMAN 1 Kalasan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Bimo Susetyo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Kegiatan Mulai dari Diri ini dimulai tanggal 17 November 2023 dengan menjawab lima pertanyaan reflektif mengenai kegiatan observasi atau supervisi yang pernah dilaksanakan. Kemudian, saya menjawab dua pertanyaan mengenai harapan saya tentang modul 2.3 ini

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya mengeksplor sendiri materi-materi mengenai coaching. Ada empat bagian pada eksplorasi konsep ini, dimana disetiap bagiannya terdapat beberapa kotak serta beberapa video yang saya pelajari yaitu :

Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan, Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching, Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching dan Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 24 November 2023. Pada kegiatan ini saya mendapatkan pemahaman mengenai coaching ini, setelah itu saya dibagi menjadi kelompok. Pada saat kegiatan latihan coaching ini saya berpasangan dengan ibu Titin Sutinah. Pada saat latihan ini kami saling bergantian masing-masing menjadi coach dan coachee

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 27 November 2023 saya bersama ibu Titin Sutinah melakukan praktek Coaching dimana hasil praktek coaching ini akan di unggah sebagai hasil dari tugas ruang kolaborasi. Berikut link video hasil kerja kelompok yang kami lakukan

https://youtu.be/Jb0q3F05mpQ

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada tahapan ini, saya bersama 3 rekan CGP lainnya melakukan simulasi coaching secara tatap muka langsung. 

Pada kegiatan ini, saya bersama rekan saya bergantian peran menjadi coach, coachee, dan observer. Kegiatan simulasi ini dilaksanakan melalui tatap muka langsung dan direkam untuk kemudian rekamannya diunggah ke LMS sebagai tugas demonstrasi konstektual. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/MtWonIkCDXg

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini bersama instruktur ibu Sri Kurniawati. saya mendapatkan banyak pengetahuan, pemahaman mengenai coaching.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini Pada kegiatan ini saya membuat koneksi materi mengenai modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik yang dipelajari dengan pengalaman serta materi lainnya dalam bentuk video. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/IAQ-Jh223_s

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya membuat video tentang praktik coaching yang saya lakukan dengan rekan sejawat ibu Umi Fadillah, M.Pd.Si. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/C6sLlCI3GZA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...