Rabu, 24 April 2024

2.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

Pembelajaran Sosial dan Emosional

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMAN 1 Kalasan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Bimo Susetyo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 3 November 2023. Pada kegiatan Mulai dari Diri ini saya mendapat tugas untuk melakukan refleksi diri terkait kompetensi sosial dan emosional dengan menjawab tujuh pertanyaan

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Di bagian eksplorasi konsep, saya belajar di LMS tentang pembelajaran untuk sosial dan emosional. Saya mulai belajar tentang definsi pembelajaran sosial dan emosional. Selanjutnya saya belajar mengenai kompetensi sosial dan emosional, kesadaran penuh (mindfulness), dan implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Adapun implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan di sekolah dapat dilakukan dengan cara pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah serta penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah. Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron dengan membahas 5 kasus yang harus saya dan CGP lainnya tanggapi. Pada kegiatan ini kami membuat tabel tentang kegiatan kompetensi social emosional yang dapat dilihat pada link berikut ini

https://drive.google.com/file/d/1-CY9xqWFjt6WrposAuxgb8gVNQ6EE2_j/view?usp=sharing

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pada kegiatan ruang kolaborasi sesi 1 yang dilakukan pada hari Rabu 8 November 2023, kami bekerja dalam kelompok bersama Bapak Nurahmadi, Bapak Sidik Purnomo dan Ibu Titin. Pada kegiatan ini kami berdiskusi tentang Ide Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional untuk Murid

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 November 2023 dimana kami mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan sebelumnya. Berikut link video hasil kerja kelompok yang kami lakukan

https://youtu.be/aw7fJbQ0NF8

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini  ini saya mendapatkan tugas membuat Modul Ajar berbasis kompetensi sosial dan emosional. Hasil pekerjaan ini dapat dilihat pada link berikut

https://drive.google.com/file/d/155GjtS0J97MQeIFB1PuipiN2BVgo_q71/view?usp=sharing

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam sesi elaborasi, saya sangat bersyukur karena mendapat panduan yang sangat jelas dari instruktur yang luar biasa, Ibu Rusiati Yo, S.Psi., M.Pd. Beliau memberikan gambaran yang sangat terperinci tentang penerapan pembelajaran sosial dan emosional di kelas

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya membuat video tentang keterkaitan modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan modul-modul sebelumnya. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/V_xLs2O28P8

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya mebuat video tentang  kegiatan membagikan tentang pemahaman implementasi pembelajaran social dan emosional kepada rekan sejawat. Video tersebut dapat dilihat di.

https://youtu.be/M0JclYZy4zk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...