Rabu, 24 April 2024

3.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMAN 1 Kalasan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Bimo Susetyo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada bagian ini saya melakukan kegiatan untuk membangkitkan pengetahuan awal saya dan mengamati keterampilan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan yang harus mempertimbangkan berbagai pihak yang terlibat, seperti murid, orang tua/wali murid, guru, pengawas, dan pihak komunitas sekolah

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada tahap eksplorasi konsep ini saya melakukan eksplorasi mandiri untuk memahami konsep pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin di sekolah, yang bertujuan untuk menjadikan institusi sekolah sebagai institusi moral. Saya juga menjelaskan pentingnya pemimpin dalam mengambil keputusan yang didasarkan pada tiga unsur, yaitu berpihak pada murid, bertanggung jawab, serta didasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal. Selain itu, saya juga menganalisis nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam sebuah pengambilan keputusan yang menghadapi dilema etika

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Dalam ruang kolaborasi yang dipandu oleh Bapak Agus Rahmadi sebagai fasilitator, saya bergabung dengan tiga rekan CGP lain yaitu Bapak Sidik Purnomo, Ibu Anik Rahmawati dan Ibu Alviyatun. Pada kegiatan ruang kolaborasi sesi 1 tanggal 6 Februari 2024 kami berdiskusi bersama untuk menganalisis kasus dilema etika.

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada ruang kolaborasi sesi 2 tanggal 7 Februari 2024 kami mempresentasikan hasil diskusi yang telah kami lakukan pada sesi 1.  Hasil diskusi kami tuangkan dalam bentuk video yang dapat dilihat pada link berikut

https://youtu.be/whaAp4RNs2s

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan demonstrasi kontekstual, saya melakukan analisis tentang bagaimana proses pengambilan keputusan diterapkan berdasarkan pengetahuan yang saya pelajari tentang paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan di sekolah asal saya dan di sekolah/lingkungan lain. Saya melakukan wawancara dengan dua kepala sekolah yang berbeda untuk mengetahui praktik pengambilan keputusan yang biasa dilakukan oleh mereka. Kepala sekolah yang saya wawancara adalah Bapak Imam Puspadi, S.Pd., M.Pd. dari SMA Negeri 1 Kalasan, Sleman dan Bapak Basuki Jaka Purnama, S.Pd., M.Pd. dari SMA Negeri 1 Depok, Sleman. Video demonstrasi kontekstual modul 3.1 dapat dilihat pada link berikut

https://youtu.be/5cbsOZ5syp8

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam sesi elaborasi, saya sangat bersyukur karena mendapat panduan yang sangat jelas dari instruktur yang luar biasa, Bapak Feri Taupik Ridwan. Beliau memberikan gambaran yang sangat terperinci tentang pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan seorang pemimpin

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada bagian ini saya mengaitkan pembelajaran modul 3.1 tentang "Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin" dengan materi-materi dari modul sebelumnya. Hasil dari kegiatan ini berupa video yang dapat dilihat pada link berikut ini

https://youtu.be/qg5-fRwkNtM

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya blog post tentang apa yang telah dipelajari dari modul 3.1 ini serta melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan dalam modul 3.1 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...