NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama Sekolah |
SMK Trisula 1 Depok |
2 |
Nama Calon
Guru Penggerak |
Nur Ahmadi |
3 |
Kegiatan Mulai
Dari Diri |
Di minggu akhir bulan November 2023
saya belajar menggenai perbedaan antara
metode pengembangan diri coaching, mentoring, konseling, fasilitasi dan training, konsep
coaching secara umum,
bagaimana coaching dilakukan dalam konteks pendidikan, paradigma coaching dilihat
dari system Among yang merupakan
konsep dari Ki Hajar Dewantara, selanjutnya masuk ke modul 2.3.a.4.2 tentang eksplorasi paradigma berpikir coaching
dan prinsip-prinsip coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi, juga mengaitkan antara paradigma berpikir dan prinsip-prinsip coaching dengan supervise akademik, selain itu disana
juga dijabarkan perbedaan antara coaching, kolaborasi, konsultasi, dan evaluasi dalam rangka memberdayakan
rekan sejawat, dibantu dengan video
percakapan coaching yang membantu saya memahami tentang bagaimana seharusnya menjadi
seorang coach yang
baik. Selanjutnya di modul 2.3.a.4.3 di Bahas tentang
kompetensi inti coaching dan TIRTA sebagai alur percakapan coaching , disini dipelajari alur coaching mulai
dari Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, dan Tanggung jawab
yang diakronimkan menjadi
TIRTA, diharapkan akan seperti air yang mana
komunikasi bisa mengalir, disini juga dibahas tentang inti coaching yaitu presence kehadiran penuh yang terlihat pada |
|
|
coach, dengan memberikan perhatian penuh akan apa yang disampaikan oleh coachee, menjadi
seorang pendengar aktif
dengan sesekali memberikan tanggapan atas apa yang sedang dibicarakan oleh coachee, dan dibahas tentang
keterampilan membuat pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching, selain itu,
modul ini juga membahas tentang
jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana
aksi, coaching untuk
melakukan refleksi, coaching untuk memecahkan masalah dan coaching melakukan kalibrasi, |
4 |
Kegiatan Eksplorasi Konsep |
Pada kegiatan ini Kami saling melakukan pemantapanpemahaman dengan
berdiskusi antar CGP. |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Saya berpasangan dengan Pak Sidik
Punomo melakukakn sebuah
percakapan coaching untuk
benar-benar memberikan pengalaman coaching secara nyata
dengan teman sesama
CGP, dan hasil
percakapan divideokan dan diunggah sebagai salah satu tagihan dari
LMS. |
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Saya mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching
yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP yaitu
Pak Sidik Purnomo. |
7 |
Kegiatan Demonstrasi Kontekstual |
kami
dikelompokkan dengan beranggotakan 3 orang (Pak Sidik Purnomo, saya, dan Pak Bimo, kami membuat video percakapan dengan
1 CGP menjadi observer, 1 CGP lain menjadi coach,
dan 1 CGP lainnya
menjadi Coachee, kami melakukan secara
bergiliran, kegiatan ini menambah pemahaman kami tentang bagaimana seharusnya menjadi observer, apa yang perlu
diperhatikan pada saat pra observasi, saat observasi dan pasca observasi,pelaksanaanya di lakkukan di ruang perpustakaan SMK Muh Prambanan. |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
Kegiatan ini membahas tentang
coaching dan supervisi akademik lebih dalam lagi Bersama dengan instruktur |
9 |
Kegiatan Koneksi Antar Materi |
Kegiatan ini saya membuat
refleksi dan bagaimana dengan rencana, Langkah
ke depannya yang akan saya lakukan, selanjutnya yaitu membuat rancangan
aksi nyata yang berkaitan dengan
supervise akademik yang
dilakukan dengan teman
sejawat dalam bentuk video sbb : https://youtu.be/IA7RNTGdf-E |
10 |
Kegiatan Aksi
Nyata |
Saya mempraktikkan rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching
dan melakukan refleksi terhadap praktik |
|
|
supervisi akademik. Kegiatan ini saya sebagai coach dan teman sejawat saya yaitu Bu Dwi
Tugiwati sebagai coachee. Kegiatan ini saya dokumentasikan di youtube sbb : https://youtu.be/SQhqf_fk0mY Dan saya unggah di PMM : https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/599352 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar