Selasa, 23 April 2024

2.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 

Coaching Supervisi Akademik

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK Trisula 1 Depok

2

Nama Calon Guru Penggerak

Nur Ahmadi

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Di minggu akhir bulan November 2023 saya belajar menggenai perbedaan antara metode pengembangan diri coaching, mentoring, konseling, fasilitasi dan training, konsep coaching secara umum, bagaimana coaching dilakukan dalam konteks pendidikan, paradigma coaching dilihat dari system Among yang merupakan konsep dari Ki Hajar Dewantara, selanjutnya masuk ke modul 2.3.a.4.2 tentang eksplorasi paradigma berpikir coaching dan prinsip-prinsip coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi, juga mengaitkan antara paradigma berpikir dan prinsip-prinsip coaching dengan supervise akademik, selain itu disana juga dijabarkan perbedaan antara coaching, kolaborasi, konsultasi, dan evaluasi dalam rangka memberdayakan rekan sejawat, dibantu dengan video percakapan coaching yang membantu saya memahami tentang bagaimana seharusnya menjadi seorang coach yang baik. Selanjutnya di modul 2.3.a.4.3 di Bahas tentang kompetensi inti coaching dan TIRTA sebagai alur percakapan coaching , disini dipelajari alur coaching mulai dari Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, dan Tanggung jawab yang diakronimkan menjadi TIRTA, diharapkan akan seperti air yang mana komunikasi bisa mengalir, disini juga dibahas tentang inti coaching yaitu presence kehadiran penuh yang terlihat pada


 

 

coach, dengan memberikan perhatian penuh akan apa yang disampaikan oleh coachee, menjadi seorang pendengar aktif dengan sesekali memberikan tanggapan atas apa yang sedang dibicarakan oleh coachee, dan dibahas tentang keterampilan membuat pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching, selain itu, modul ini juga membahas tentang jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana aksi, coaching untuk melakukan refleksi, coaching untuk memecahkan masalah dan coaching melakukan kalibrasi,

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada        kegiatan         ini         Kami         saling         melakukan pemantapanpemahaman dengan berdiskusi antar CGP.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Saya berpasangan dengan Pak Sidik Punomo melakukakn sebuah percakapan coaching untuk benar-benar memberikan pengalaman coaching secara nyata dengan teman sesama CGP, dan hasil percakapan divideokan dan diunggah sebagai salah satu tagihan dari LMS.

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Saya mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan                refleksi                terhadap                praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama

rekan CGP yaitu Pak Sidik Purnomo.


7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

kami dikelompokkan dengan beranggotakan 3 orang (Pak Sidik Purnomo, saya, dan Pak Bimo, kami membuat video percakapan dengan 1 CGP menjadi observer, 1 CGP lain menjadi coach, dan

1 CGP lainnya menjadi Coachee, kami melakukan secara bergiliran, kegiatan ini menambah pemahaman kami tentang bagaimana seharusnya menjadi observer, apa yang perlu diperhatikan pada saat pra observasi, saat observasi dan pasca observasi,pelaksanaanya di lakkukan di ruang perpustakaan SMK Muh Prambanan.

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Kegiatan ini membahas tentang coaching dan supervisi akademik lebih dalam lagi Bersama dengan instruktur

 

 

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Kegiatan ini saya membuat refleksi dan bagaimana dengan rencana, Langkah ke depannya yang akan saya lakukan, selanjutnya yaitu membuat rancangan aksi nyata yang berkaitan dengan supervise akademik yang dilakukan dengan teman sejawat dalam bentuk video sbb :

https://youtu.be/IA7RNTGdf-E

10

Kegiatan Aksi Nyata

Saya mempraktikkan rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran           dengan           menggunakan           paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik


 

 

supervisi akademik. Kegiatan ini saya sebagai coach dan teman sejawat saya yaitu Bu Dwi Tugiwati sebagai coachee.

Kegiatan ini saya dokumentasikan di youtube sbb :

 

https://youtu.be/SQhqf_fk0mY

 

Dan saya unggah di PMM :

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/599352

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...