Pembelajaran Sosial dan Emosional
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
||
1 |
Nama Sekolah |
SMK Trisula 1 Depok |
||
2 |
Nama Calon
Guru Penggerak |
Nur Ahmadi |
||
3 |
Kegiatan Mulai
Dari Diri |
|
Di modul
ini saya belajar mengenai pembelajaran sosial
emosional yaitu disajikan definisi pembelajaran sosial
dan emosional, kompetensi sosial dan
emosional, kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 kompetensi sosial dan emosional
serta implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Pembelajaran
sosial emosional sangat lah penting untuk dipahami dan diterapkan karena proses
pembelajaran murid tidak
tergantung pada aspek intelegensi atau kemampuan
kognitif saja tetapi juga dipengaruhi oleh aspek-aspek lain seperti aspek
perkembangan sosial dan emosinoal. |
|
4 |
Kegiatan Eksplorasi Konsep |
Di kegiatan ini saya belajar : ·
Definisi Pembelajaran Sosial
dan Emosional |
|
|
·
BKompetensi Sosial dan Emosional (KSE) ·
Kesadaran Penuh
(mindfulness) sebagai dasar
penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan
Emosional ·
Implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah ·
Integrasi dalam Praktek Mengajar Guru dan
Kurikulum Akademik ·
Menciptakan Iklim Kelas
dan Budaya Sekolah ·
Penguatan Kompetensi Sosial
dan Emosional Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Sekolah |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Pada saat rukol
saya dikelompokkan ke kelompok 3 bersama dengan
Bu Titin Sutinah, Bp Sidik Purnomo dan Pak Bimo Susetyo, disini kami mendiskusikan ide-ide penerapan
pembelajaran 5 KSE bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah. |
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Diruang kolaborasi bagian kedua ini kami mempresentasikan tugas kelompok
kami. Pada saat presentasi tugas dari kelompok kami, saya merasakan bagaimana kelompok kami luar biasa
dalam mempresentasikkan hasil kelompok kami. Ada 2 tugas
untuk semua kelompok yaitu mendiskusikan dan menyusun 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan
karakteristik jenjang pendidikan di sekolah
SMA/MA/SMK dan kemudian tuliskan dalam table.) |
7 |
Kegiatan Demonstrasi Kontekstual |
Pada kegiatan ini saya mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi
Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di sekolah
saya. |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
Pada kegiatan ini saya Bersama
CGP Angkatan 9 menguatkan Kembali
materi modul 2.1 bersama instruktur. |
9 |
Kegiatan Koneksi
Antar Materi |
Pada kegiatan ini saya menjawab pertanyaan 1. Apa kesimpulan
tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan
emosional? 2.
Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah
anda pelajari dengan modulmodul sebelumnya? |
|
|
Pertanyaan tersebut saya jawab dalam
bentuk pdf sbb : |
10 |
Kegiatan Aksi
Nyata |
Di kegiatan ini saya membagikan
pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan
emosional dengan 4
indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim
kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional
pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar