Selasa, 23 April 2024

2.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pembelajaran Sosial dan Emosional

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMK Trisula 1 Depok

2

Nama Calon Guru Penggerak

Nur Ahmadi

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

 

Di modul ini saya belajar mengenai pembelajaran sosial emosional yaitu disajikan definisi pembelajaran sosial dan emosional, kompetensi sosial dan emosional, kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 kompetensi sosial dan emosional serta implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah.

 

Pembelajaran sosial emosional sangat lah penting untuk dipahami dan diterapkan karena proses pembelajaran murid tidak tergantung pada

aspek intelegensi atau kemampuan kognitif saja tetapi juga dipengaruhi oleh aspek-aspek lain seperti aspek perkembangan sosial dan emosinoal.

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Di kegiatan ini saya belajar :

·         Definisi Pembelajaran Sosial dan Emosional


 

 

·         BKompetensi Sosial dan Emosional (KSE)

·         Kesadaran Penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional

·         Implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah

·         Integrasi dalam Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik

·         Menciptakan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

·         Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Sekolah

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pada saat rukol saya dikelompokkan ke kelompok 3 bersama dengan Bu Titin Sutinah, Bp Sidik Purnomo dan Pak Bimo Susetyo, disini kami mendiskusikan ide-ide penerapan pembelajaran 5 KSE bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah.

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Diruang kolaborasi bagian kedua ini kami mempresentasikan tugas kelompok kami. Pada saat presentasi tugas dari kelompok kami, saya merasakan bagaimana kelompok kami luar biasa dalam mempresentasikkan hasil kelompok kami.

 

Ada 2 tugas untuk semua kelompok yaitu mendiskusikan dan menyusun 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan di sekolah SMA/MA/SMK dan kemudian tuliskan dalam table.)

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di sekolah saya.

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini saya Bersama CGP Angkatan 9 menguatkan Kembali materi modul 2.1 bersama instruktur.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya menjawab pertanyaan

1.  Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?

 

2.  Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modulmodul

sebelumnya?


 

 

 

Pertanyaan tersebut saya jawab dalam bentuk pdf sbb :

10

Kegiatan Aksi Nyata

Di kegiatan ini saya membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran    sosial    dan    emosional    dengan    4     indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...