Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SMAN
1 Kalasan |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Bimo
Susetyo |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Dalam
bagian yang membahas refleksi diri mengenai kondisi kelas yang saya ajar saat
ini, saya diminta untuk menjelaskan tantangan-tantangan yang muncul selama
proses pembelajaran di kelas dan upaya yang telah saya lakukan untuk
mengatasi tantangan tersebut |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada
tahap eksplorasi konsep, saya membuat diagram frayer untuk menggambarkan
pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi . Diagram tersebut dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1Ts7NMlV_6EE0jMGmUyKZWJWexnxp0tnW/view?usp=sharing |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Dalam
ruang kolaborasi yang dipandu oleh Bapak Agus Rahmadi sebagai fasilitator,
saya bergabung dengan tiga rekan CGP lain yaitu Bapak Nurahmadi, Bapak Sidik
Purnomo dan Ibu Titin. Pada kegiatan ruang kolaborasi sesi 1 tanggal 25
Oktober 2023 kami berdiskusi bersama untuk menganalisis sebuah kasus di SMA. |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Pada
ruang kolaborasi sesi 2 tanggal 26 Oktober 2023 kami mempresentasikan hasil
diskusi yang telah kami lakukan pda sesi 1.
Hasil diskusi kami tuangkan dalam
bentuk video yang dapat dilihat pada link berikut |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Pada
kegiatan demonstrasi kontekstual, saya menyusun Modul Ajar untuk pembelajaran
berdiferensiasi dalam mata pelajaran Fisika dengan materi pengukuran. Modul
ajar tersebut dapat dilihat di link berikut https://drive.google.com/file/d/1POELy99W-ILEAS0ktq2-BS_VuxxfM743/view?usp=sharing |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Dalam
sesi elaborasi, saya sangat bersyukur karena mendapat panduan yang sangat
jelas dari instruktur yang luar biasa, Ibu Rusiati Yo, S.Psi., M.Pd. Beliau
memberikan gambaran yang sangat terperinci tentang penerapan pembelajaran
berdiferensiasi di kelas |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Saya
menyadari bahwa semua materi yang telah saya pelajari dari modul 1.1 hingga
2.1 sangat erat kaitannya dengan prinsip keberpihakan proses pendidikan
kepada para murid. Sebagai tindakan nyata yang telah saya lakukan, saya telah
menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas X dalam pelajaran Fisika.
Hasil dari kegiatan ini berupa video yang dapat dilihat pada link berikut ini |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada
kegiatan ini saya mebuat video yang mendokumentasikan penerapan pembelajaran
berdiferensiasi yang saya lakukan. Video tersebut dapat dilihat di https://youtu.be/k4APM2Ud5QY |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar