Rabu, 24 April 2024

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMAN 1 Kalasan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Bimo Susetyo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Dalam bagian yang membahas refleksi diri mengenai kondisi kelas yang saya ajar saat ini, saya diminta untuk menjelaskan tantangan-tantangan yang muncul selama proses pembelajaran di kelas dan upaya yang telah saya lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada tahap eksplorasi konsep, saya membuat diagram frayer untuk menggambarkan pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi . Diagram tersebut dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1Ts7NMlV_6EE0jMGmUyKZWJWexnxp0tnW/view?usp=sharing

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Dalam ruang kolaborasi yang dipandu oleh Bapak Agus Rahmadi sebagai fasilitator, saya bergabung dengan tiga rekan CGP lain yaitu Bapak Nurahmadi, Bapak Sidik Purnomo dan Ibu Titin. Pada kegiatan ruang kolaborasi sesi 1 tanggal 25 Oktober 2023 kami berdiskusi bersama untuk menganalisis sebuah kasus di SMA.

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada ruang kolaborasi sesi 2 tanggal 26 Oktober 2023 kami mempresentasikan hasil diskusi yang telah kami lakukan pda sesi 1.  Hasil diskusi kami tuangkan dalam bentuk video yang dapat dilihat pada link berikut

https://youtu.be/9y5xEg1Di8A

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan demonstrasi kontekstual, saya menyusun Modul Ajar untuk pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Fisika dengan materi pengukuran. Modul ajar tersebut dapat dilihat di link berikut

https://drive.google.com/file/d/1POELy99W-ILEAS0ktq2-BS_VuxxfM743/view?usp=sharing

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam sesi elaborasi, saya sangat bersyukur karena mendapat panduan yang sangat jelas dari instruktur yang luar biasa, Ibu Rusiati Yo, S.Psi., M.Pd. Beliau memberikan gambaran yang sangat terperinci tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Saya menyadari bahwa semua materi yang telah saya pelajari dari modul 1.1 hingga 2.1 sangat erat kaitannya dengan prinsip keberpihakan proses pendidikan kepada para murid. Sebagai tindakan nyata yang telah saya lakukan, saya telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas X dalam pelajaran Fisika. Hasil dari kegiatan ini berupa video yang dapat dilihat pada link berikut ini

https://youtu.be/ZOyJR_8CHZI  

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya mebuat video yang mendokumentasikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang saya lakukan. Video tersebut dapat dilihat di https://youtu.be/k4APM2Ud5QY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...