Visi Guru Penggerak
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama Sekolah |
SMAN 1 Kalasan |
2 |
Nama Calon Guru Penggerak |
Bimo Susetyo |
3 |
Kegiatan Mulai Dari Diri |
Di kegiatan ini
saya menggali pemahaman atas visi dengan menuliskan : 1.
Gambaran
mengenai murid yang didambakan 5-10 tahun mendatang. 2.
Gambaran visi
tentang murid dan sekolah yang diidamkan 3.
Menyusun
rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat,
spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas
menggambarkan murid dan sekolah yang sesuai dengan kenyataan. |
4 |
Kegiatan Eksplorasi Konsep |
Pada kegiatan ini saya belajar
tentang : 1.
Pentingnya visi
yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam
pendidikan. 2.
Cara
menguraikan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan
inkuiri apresiatif. |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Kegiatan ini dilakukan
pada tanggal 20 September 2023. Pada kegiatan ini saya dikelompokkan dengan
ibu Rina, ibu Anik, Ibu Meilan, Pak Nurahmadi dan Pak Sidik untuk menyusun
rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi
yang mempertimbangkan profil pelajar pancasila, aset, dan operasionalisasi
pencapaiannya |
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Kegiatan ini
dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 untuk mempresentasikan hasil
diskusi kelompok yang telah dilakukan sebelumnya. Berikut link video hasil
kerja kelompok yang kami lakukan |
7 |
Kegiatan Demonstrasi Kontekstual |
Pada kegiatan ini
saya membuat video pendek yang menggambarkan tentang menjalankan tahapan
BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi. Video tersebut dapat dilihat di |
8 |
Kegiatan Elaborasi Pemahaman |
Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 27
September 2023, kami bersama CPG Angkatan 9 mendapatkan penguatan kembali
tentang Prakarsa perubahan diri oleh instruktur Bapak Budi Santoso |
9 |
Kegiatan Koneksi Antar Materi |
Pada kegiatan ini
saya membuat video yang merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul
yang telah dipelajari serta merevisi dan merumuskan dengan penuh keyakinan,
visi yang telah dibuat berdasarkan pemahaman mengenai kaitan peran pendidik
dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar
Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di
sekolah. Video tersebut dapat dilihat di |
10 |
Kegiatan Aksi Nyata |
Pada kegiatan ini
saya membuat video tentang rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan yang
sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Video tersebut dapat dilihat
di |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar