Rabu, 24 April 2024

1.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Visi Guru Penggerak

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMAN 1 Kalasan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Bimo Susetyo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Di kegiatan ini saya menggali pemahaman atas visi dengan menuliskan :

1.    Gambaran mengenai murid yang didambakan 5-10 tahun mendatang.

2.    Gambaran visi tentang murid dan sekolah yang diidamkan

3.    Menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah yang sesuai dengan kenyataan.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya belajar tentang  :

1.     Pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

2.     Cara menguraikan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 20 September 2023. Pada kegiatan ini saya dikelompokkan dengan ibu Rina, ibu Anik, Ibu Meilan, Pak Nurahmadi dan Pak Sidik untuk menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan profil pelajar pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya

 

 

 

 

 

 

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan sebelumnya. Berikut link video hasil kerja kelompok yang kami lakukan

https://youtu.be/IrA1im3RHcw

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini saya membuat video pendek yang menggambarkan tentang menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/mf98ssbPrAk

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 27 September 2023, kami bersama CPG Angkatan 9 mendapatkan penguatan kembali tentang Prakarsa perubahan diri oleh instruktur Bapak Budi Santoso

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya membuat video yang merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari serta merevisi dan merumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah dibuat berdasarkan pemahaman mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/MLKcmMwMdDQ

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini saya membuat video tentang rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Video tersebut dapat dilihat di

https://youtu.be/XAapU0ibLOw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...