Budaya Positif
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD Negeri Kalongan |
2 |
Nama Calon
Guru Penggerak |
Meilan Resti Fauzi, S.Pd. |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Pada
kegiatan awal pembelajaran ini saya diminta untuk melakukan refleksi diri
dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik. Adapun tujuan dari kegiatan
awal ini adalah untuk mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari
sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan
konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. Selanjutnya,
mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat
menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang
bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar
Dewantara. Saya
menuliskan refleksi sebagai berikut : “Saya
memimpikan sekolah yang nyaman dimana setiap elemen yang ada di sekolah
tersebut dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya masing-
masing. Guru dapat mengembangkan dirinya, murid juga dapat bertumbuh dan
berkembang dengan karakter religius, Cerdas, cakap, kolaboratif dan juga
peduli terhadap lingkungannya. Untuk dapat mencapai kondisi tersebut maka
perlu untuk adanya lingkungan
yang positif. Bagaimana
strateginya? mulai pada diri sendiri untuk berbuat baik dan melakukan tugas
yang terbaik. salanjutnya mengajak rekan sejawat dan juga murid untuk sama-
sama saling memperbaiki diri. Menumbuhkan rasa empati dan saling memberikan
motivasi. Dengan hal tersebut akan tercipta rasa aman dan nyaman. Dari hal
itulah budaya positif akan berdampak pada perkembangan yang lebih baik serta
dapat meningkatkan kapasitas, baik untuk dirinya sendiri maupun
murid-muridnya.” |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada
kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalu LMS
dengan materi yang cukup banyak, diantaranya : ⮚ Disiplin
Positif dan Nilai-nilai Kebajian Universal ⮚ Teori
Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi ⮚ Keyakinan
Kelas ⮚ Kebutuhan
Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas ⮚ Restitusi -
5 Posisi Kontrol ⮚ Restitusi -
Segitiga Restitusi |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Ruang
Kolaborasi Pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2023. Kami
mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan
melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Budaya Positif. Selanjutnya
kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan diskusi dalam pemecahan
masalah pada 3 kasus. Hasil diskusi akan dipresentasikan hari berikutnya. |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Pertemua
kedua dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023 Pada
ruang kolaborasi ini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
tentang study kasus. Diakhir pertemuan kami melakukan sesi foto Bersama
sebagai bukti kegiatan. |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Setelah
mempelajari konsep-konsep inti dalam modul 1.4 tentang Budaya Positif, saya
diminta mendemonstrasikan pemahaman saya secara kontekstual atau di ranah
sekolah saya. Pada tahap demonstrasi kontekstual ini, saya melaksanakan
praktik segitiga restitusi terhadap satu murid di sekolah saya dengan
ketentuan- ketentuan sebagai berikut: 1.
Buatlah
skenario lengkap untuk melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap dua
(2) kasus mengenai murid yang melanggar peraturan di sekolah Anda. 2.
Ajaklah
satu murid Anda untuk melakukan praktik segitiga restitusi tersebut. 3.
Lakukan
praktik segitiga restitusi. 4.
Minta
tanggapan murid Anda mengenai perasaan mereka ketika Anda melakukan praktik
segitiga restitusi itu. 5.
Rekamlah
praktik segitiga restitusi sesuai dengan skenario yang telah dibuat beserta
tanggapan dari murid Anda dalam bentuk video. 6.
Unggah
video praktik segitiga restitusi ke kanal YouTube/Google Drive Anda dan
sematkan tautannya pada LMS. Sebelum
melakukan praktik segitiga restitusi saya mengajak anak-anak untuk membuat
keyakinan kelas. Dimana keyakinan kelas inilah yang dapat digunakan sebagai
dasar dalam melakukan praktik segitiga restitusi. Setelah
membuat keyakinan kelas, saya melaksanakan praktik segitiga restitusi
berdasarkan permasalaan nyata yang terjadi di kelas saya. Berikut
adalah unggahan tugas Demonstrasi Kontekstual saya pada link Youtube berikut
ini : https://www.youtube.com/watch?v=CVxIIQsM3TQ&t=456s |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Pada
kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2023 Bersama Instruktur Ibu
Rusiati Yo mempelajari tentang materi Budaya Positif. Dari kegiatan tersebut
saya mendapatkan tambahan penjelasan dan pencerahan tentang bagaimana
penerapan budaya positif di lingkungan sekolah. Kami juga melakukan diskusi
dengan teman-teman untuk saling berbagi pengalaman. |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Pada
tahap ini saya diminta untuk meninjau ulang keseluruhan materi pembelajaran
di paket Modul 1 dan membuat sebuah koneksi antar materi yang sudah saya
pelajari. Saya diminta membuat sebuah kesimpulan dan refleksi yang disajikan
dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan
kreativitas saya. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik,
video, rekaman audio, screencast presentasi, artikel dalam blog, dan lainnya.
Pada tugas koneksi antar materi ini saya membuat video yang saya upload pada
chanel Youtube saya pada link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=OuyPBBgzenw |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada
kegiatan Aksi Nyata saya diminta melakukan diseminasi tentang praktik Budaya
Positif yang telah saya terapkan serta membagikan pemahaman dan pengalaman
saya kepada rekan-rekan saya di sekolah. Kegiatan
Diseminasi saya laksanakan pada Hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023 dengan
dihadiri Guru dan Kepala Sekolah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar