Selasa, 23 April 2024

1.4.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Budaya Positif

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan awal pembelajaran ini saya diminta untuk melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik. Adapun tujuan dari kegiatan awal ini adalah untuk mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah.

Selanjutnya, mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.

Saya menuliskan refleksi sebagai berikut :

“Saya memimpikan sekolah yang nyaman dimana setiap elemen yang ada di sekolah tersebut dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya masing- masing. Guru dapat mengembangkan dirinya, murid juga dapat bertumbuh dan berkembang dengan karakter religius, Cerdas, cakap, kolaboratif dan juga peduli terhadap lingkungannya. Untuk dapat mencapai kondisi tersebut maka perlu untuk adanya lingkungan yang positif.

Bagaimana strateginya? mulai pada diri sendiri untuk berbuat baik dan melakukan tugas yang terbaik. salanjutnya mengajak rekan sejawat dan juga murid untuk sama- sama saling memperbaiki diri. Menumbuhkan rasa empati dan saling memberikan motivasi. Dengan hal tersebut akan tercipta rasa aman dan nyaman. Dari hal itulah budaya positif akan berdampak pada perkembangan yang lebih baik serta dapat meningkatkan kapasitas, baik untuk dirinya sendiri maupun murid-muridnya.”

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalu LMS dengan materi yang cukup banyak, diantaranya :

         Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajian Universal

         Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi

         Keyakinan Kelas

         Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas

         Restitusi - 5 Posisi Kontrol

         Restitusi - Segitiga Restitusi

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Ruang Kolaborasi Pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2023.

 

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Budaya Positif.

Selanjutnya kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan diskusi dalam pemecahan masalah pada 3 kasus. Hasil diskusi akan dipresentasikan hari berikutnya.

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemua kedua dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023

Pada ruang kolaborasi ini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang study kasus. Diakhir pertemuan kami melakukan sesi foto Bersama sebagai bukti kegiatan.

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul 1.4 tentang Budaya Positif, saya diminta mendemonstrasikan pemahaman saya secara kontekstual atau di ranah sekolah saya. Pada tahap demonstrasi kontekstual ini, saya melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap satu murid di sekolah saya dengan ketentuan- ketentuan sebagai berikut:

1.    Buatlah skenario lengkap untuk melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap dua (2) kasus mengenai murid yang melanggar peraturan di sekolah Anda.

2.    Ajaklah satu murid Anda untuk melakukan praktik segitiga restitusi tersebut.

3.    Lakukan praktik segitiga restitusi.

4.    Minta tanggapan murid Anda mengenai perasaan mereka ketika Anda melakukan praktik segitiga restitusi itu.

5.    Rekamlah praktik segitiga restitusi sesuai dengan skenario yang telah dibuat beserta tanggapan dari murid Anda dalam bentuk video.

6.    Unggah video praktik segitiga restitusi ke kanal YouTube/Google Drive Anda dan sematkan tautannya pada LMS.

Sebelum melakukan praktik segitiga restitusi saya mengajak anak-anak untuk membuat keyakinan kelas. Dimana keyakinan kelas inilah yang dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan praktik segitiga restitusi.

Setelah membuat keyakinan kelas, saya melaksanakan praktik segitiga restitusi berdasarkan permasalaan nyata yang terjadi di kelas saya.

Berikut adalah unggahan tugas Demonstrasi Kontekstual saya pada link Youtube berikut ini :

 

https://www.youtube.com/watch?v=CVxIIQsM3TQ&t=456s

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2023 Bersama Instruktur Ibu Rusiati Yo mempelajari tentang materi Budaya Positif. Dari kegiatan tersebut saya mendapatkan tambahan penjelasan dan pencerahan tentang bagaimana penerapan budaya positif di lingkungan sekolah. Kami juga melakukan diskusi dengan teman-teman untuk saling berbagi pengalaman.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada tahap ini saya diminta untuk meninjau ulang keseluruhan materi pembelajaran di paket Modul 1 dan membuat sebuah koneksi antar materi yang sudah saya pelajari. Saya diminta membuat sebuah kesimpulan dan refleksi yang disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas saya. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, screencast presentasi, artikel dalam blog, dan lainnya. Pada tugas koneksi antar materi ini saya membuat video yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=OuyPBBgzenw

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan Aksi Nyata saya diminta melakukan diseminasi tentang praktik Budaya Positif yang telah saya terapkan serta membagikan pemahaman dan pengalaman saya kepada rekan-rekan saya di sekolah. Kegiatan Diseminasi saya laksanakan pada Hari Selasa tanggal 24 Oktober 2023 dengan dihadiri Guru dan Kepala Sekolah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...