Senin, 13 Februari 2023

Koneksi Antar Materi - Pendidikan yang Memerdekakan blog

Koneksi Antar Materi - Pendidikan yang Memerdekakan blog

Ceritakan hal hal yang sudah selaras dengan praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan?

Praktik pendidikan yang memerdekakan yang sudah selaras anak diajak untuk menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, anak terlibat langsung bagaimana cara atau strategi supaya mencapai tujuan tersebut bisa tercapai dan anak bisa menentukan langkah langkahnya. Anak kita beri kebebasan dalam berpendapat untuk  menuntun anak tersebut berkembang sesuai jamanya, karena kurikulum merdeka adalah sebuah tantangan bagi guru yang benar benar pengen atmosfer pendidikan bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.


Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan yang dirasa perlu diubah atau dikembangkan bahkan dihilangkan?

Praktik prinsisp pendidikan yang memerdekakan yang tidak selaras yang perlu dirubah/ dikembangkan/ bahkan dihilangkan adalah dari kurikulum sebelumnya sebenarnya masih ada sisi positifnya Cuma standar kelulusannya saja yang menjadi pertanyaan, karena kurikulum lama tidak memunculkan potensi karakter anak yang kuat hanya focus pada nilai akademik dan anak pintar diakademik banyak yang tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman sekarang, anak kurang tahan banting dengan keadaan sekarang. Yang perlu dikembangkan adalah keterlibatan peran anak dalam proses belajarnya. Nilai pengetahuan bukan satu satunya yang menentukan lulus dan tidaknya anak tetapi karakter yang ada di profil pelajar pancasila lah yang harus di utamakan. Yaitu 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...