Kamis, 04 November 2021

2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

BERDIFERENSIASI

 

Sekolah                    : SMP N 1 Prambanan

Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris

Kelas/ Semester             : IX / 2 (Genap)

Alokasi Waktu               : 160 Menit (4 JP @40 Menit)

Materi Pokok          : Teks Naratif; Memberi Dan Meminta Informasi Terkait Fairytales

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Mengidentifikasi isi cerita teks fairytales yang didengar atau dibaca

·         Membacakan dongeng dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar

·         Mengidentifikasi informasi dari isi teks yang sedang dibacakan.

·         Menyebutkan bagian-bagian cerita yang memuat pesan yang disebutkan

·         Melengkapi ringkasan cerita dengan kata-kata dan ungkapan yang yang tepat sesuai cerita

·         Membacakan ringkasan dengan suara nyaring dalam kelompok masing-masing

·         Menuliskan dengan tulisan tangan makna cerita terkait fairytales, sangat pendek dan sederhana

 

Media Pembelajaran & Sumber Belajar

v   

Media

:

Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar  penilaian

v   

Alat/Bahan

:

Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus

v   

Sumber Belajar

:

Buku Bahasa Inggris Kelas IX,  Kemendikbud, Revisi Tahun 2016

 

B.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Teks Naratif Fairytales.

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

 

Kegiatan Inti

(130 Menit)

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Teks Naratif Fairytales. (Diferensiasi Konten)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Teks Naratif Fairytales. (Diferensiasi Konten)

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Teks Naratif Fairytales. (Diferensiasi Proses)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan (Diferensiasi Produk)

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Teks Naratif Fairytales. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami. (Refleksi Pembelajaran)

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

C.      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

§  Penilaian Sikap; berupa observasi tanggung jawab dalam melakukan tugas,santun dalam berperilaku dan tutur kata, percaya diri

§  Penilaian Pengetahuan; berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

§  Penilaian Keterampilan; berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

 

Mengetahui,                                                                             Yogyakarta, 20 September 2021

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Bahasa Inggris

 

 

Sri Handayani, M. Pd                                                               Usman Ismail, S. Pd

NIP. 19630417 198503 2 006                                                 NIP. 19800927 200903 1 003

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...