Minggu, 07 November 2021

2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11

 

Jurnal Refleksi - Minggu 11

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari Refleksi Terbimbing Pembelajaran Berdiferensiasi, trus Demontrasi Kontekstual dan Elaborasi Pemahaman Pembelajaran Kontekstual bersama instruktur, dan Lokakarya ketiga bersama guru pendamping. Pembelajaran Berdiferensiasi bisa diumpamakan “Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis jenisnya, keindahan ukiran dan cara cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan mendalam tentang seni mendidik. Bedanya guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan bathin.( Ki Hajar Dewantara )”. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran untuk semua murid kita.

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya mempelajari hal diatas dari peristiwa ke peristiwa tersebut perasaan saya Alhamdulillah mulai memahami bagaimana saya harus merancang sebuah pembelajaran dikelas dengan konsep diferensiasi. Konsep ini merupakan serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid.

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan “ Kita bukan belajar dari pengalaman tetapi kita belajar dari refleksi terhadap pengalaman kita” (John Dewey) dan itu sudah saya praktikkan “Untuk pelajaran hari ini cukup menyenangkan, dan dapat dimengerti namun saya agak sulit mengerti karena bapak menjelaskan tidak langsung to the poin” (Faisa Khilcia A) siswa saya kelas 9D.

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Action dari Pembelajaran Berdiferensiasi ada dua hal kongkrit yang pertama memetakan kebutuhan belajar berdasarkan kesiapan belajar murid, selanjutnya yang kedua memanajemen kelas yang efektif, walaupun melakukan kegiatan yang berbeda, kelas dapat berjalan secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...