Rabu, 24 April 2024

3.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SMAN 1 Kalasan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Bimo Susetyo

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Kegiatan Mulai dari Diri ini dimulai tanggal 28 Februari 2024 dengan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini saya belajar, berdiskusi, refleksi dan mengkonstruksi pemahaman tentang:

kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid, lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid dan pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 5 Maret 2024. kami bekerja dalam kelompok bersama Ibu Alviyatun, Ibu Titin dan Bapak Sidik. Pada kegiatan ini kami berdiskusi dan merancang program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 6 Maret 2024 dimana kami mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan sebelumnya. Berikut link video hasil kerja kelompok yang kami lakukan

https://youtu.be/zrDNShhCyzI

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini  ini kami mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. Hasil pekerjaan kami tuangkan dalam bentuk video yang dapat dilihat pada link berikut

https://youtu.be/1Gf8IxHxagU

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Dalam sesi elaborasi, saya sangat bersyukur karena mendapat panduan yang sangat jelas dari instruktur yang luar biasa, Ibu Rusiati Yo, S.Psi., M.Pd. Beliau memberikan gambaran yang sangat terperinci tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada bagian ini saya mengaitkan pembelajaran modul 3.3 tentang "Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid " dengan materi-materi dari modul sebelumnya. Hasil dari kegiatan ini berupa video yang dapat dilihat pada link berikut ini

https://youtu.be/g5oIj3QAPgU

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan ini kami menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. Kemudian kami membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut dalam bentuk video yang dapat dilihat pada link berikut

https://youtu.be/Aydx-kYnCvA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...