Selasa, 23 April 2024

3.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 PENGAMBILAN KEPUSTUSAN BERBASIS NILAI NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan awal pembelajaran ini saya melakukan pembelajaran mandiri dengan tujuan pembelajaran : Mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge) dan mengamati keterampilan seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan dengan berada di antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya murid, orang tua murid, guru, yayasan, dan pihak komunitas sekolah.

Pada sesi mulai dari dari diri ini, saya menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik da saling memberikan komentar terhadap jawaban dari pertanyaan teman-teman.

Selain menjawab pertanyaan pematik saya juga mencari solusi dari studi kasus yang terdapat pada LMS.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS. Saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas saya. Pada sesi pembelajaran kali ini, saya banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang pentingnya konsep pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin dalam sekolah sebagai institusi moral, pentingnya  pengambilan keputusan seorang pemimpin yang berdasarkan 3 unsur yaitu berpihak pada murid, bertanggung jawab, serta berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal, dan bersikap reflektif, kritis, dan terbuka dalam menganalisis nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam sebuah pengambilan keputusan dilema etika.

Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi.  Pada bagian ini saya melakukan dua aktivitas yaitu mempelajari 16 slide secara mandiri  dan melakukan diskusi dengan menganalisis serta menjawab pertanyaan dari pilihan study kasus dan memberikan tanggapan kepada jawaban study kasus CGP yang lain.

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pertemuan pertama pada tanggal 6 Februari 2024

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok dengan teman CGP. Adapun tujuan pada kegiatan ini adalah  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Pada kegiatan Ruang Kolaborasi ini, saya melakukan 2 sesi kegiatan, yaitu kerja kelompok dan presentasi hasil melalui web meeting. Dalam kerja kelompok kali ini, saya diminta untuk dapat kerja bersama (berkolaborasi), untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri pada sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika.

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemuan kedua pada tanggal 7 Februari 2024

Kami melakukan pertemuan virtual kembali dengan tujuan kegiatan : CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Pada kegiatan ini, saya bersama kelompok melakukan:

1.    Menggunakan media video conference/zoom meeting, masing-masing kelompok akan menyajikan studi kasus pilihan mereka mengikuti persyaratan yang tertera pada rubrik penilaian yang ditunjukkan di atas.

2.    Setiap kelompok penyaji akan mendapatkan satu kelompok hadirin yang bertugas memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok penyaji. Setelahnya kelompok lain dipersilakan memberikan tanggapan mereka juga.

 Tugas ruang kolaborasi saya sematkan pada link yoautube berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=ZqkKCLjk0g8&t=23s

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus pada kegiatan ini adalah : CGP dapat melakukan suatu analisis atas penerapan proses pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan di sekolah asal masing-masing dan di sekolah/lingkungan lain.

Tahapan Demonstrasi Kontekstual ini saya menunjukkan pemahaman mengenai keseluruhan materi. saya meninjau materi di modul ini dengan konteks lokal yang saya hadapi. Unsur-unsur apa saja yang saya butuhkan dalam menjalankan pengambilan keputusan dilema etika, sebagai pemimpin pembelajaran? Dalam hal ini, kesempatan tersebut berupa mengadakan wawancara dengan pimpinan/kepala sekolah tentang praktik pengambilan keputusan selama ini di sekolah asal saya, dan juga di tempat/lingkungan lain. Hasil wawancara ini saya analisis berdasarkan konsep-konsep yang telah dipelajari di modul ini. Hasil analisis saya dijadikan sebuah refleksi atas praktik pengambilan keputusan dilema etika yang telah dijalankan di sekolah asal saya dan di sekolah-sekolah lain di lingkungan saya.

Berikut tugas yang saya buat untuk kegiatan demonstrasi kontekstual yang saya upload di chanel youtube saya pada link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=rVstxYxB1lE

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Tujuan khusus fasa pembelajaran ini adalah CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan.

Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai “Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin” melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Tujuan khusus pada fase pembelajaran ini adalah CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media. CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.

Saya menarik kesimpulan, berefleksi mengaitkan materi-materi yang sudah dipelajari, baik di dalam modul 3.1. ataupun kaitannya dengan materi di modul lain. Untuk menunjukkan pemahaman saya akan kaitan antarmateri ini, saya membuat tulisan yang menunjukkan koneksi antarmateri.

Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=k8IExW---DY

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan kegiatan pada fase Aksi Nyata adalah  CGP dapat mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di sekolah CGP. Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, saya mendapat kesempatan untuk mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di sekolah saya dengan mencari kasus nyata yang mengandung unsur dilema etika dengan melakukan wawancara dengan pimpinan (kepala sekolah) kemudian membuat tulisan berupa rangkuman, kesimpulan, refleksi yang menunjukkan pengetahuan dan pengalaman saya. Berikut tugas Aksi Nyata yang saya lakukan :

https://www.youtube.com/watch?v=V_maa0dlfRo

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...