Selasa, 23 April 2024

2.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 4 bab. Pada setiap Bab terdapat beberapa sub bahasan yang saya melajari secara mandiri di LMS. Saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas saya. Pada sesi pembelajaran kali ini, saya banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang coaching untuk supervisi akademik. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi.  Pada bagian ini saya melakukan dua aktivitas yaitu mempelajari 4 bab secara mandiri  dan melakukan diskusi dengan memberikan minimal 1 pertanyaan dan tanggapan kepada CGP yang lain.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 4 bab. Pada setiap Bab terdapat beberapa sub bahasan yang saya melajari secara mandiri di LMS. Saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas saya. Pada sesi pembelajaran kali ini, saya banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang coaching untuk supervisi akademik. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi.  Pada bagian ini saya melakukan dua aktivitas yaitu mempelajari 4 bab secara mandiri  dan melakukan diskusi dengan memberikan minimal 1 pertanyaan dan tanggapan kepada CGP yang lain.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pertemuan pertama pada tanggal 24 November 2023

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang praktik coaching dengan teman CGP. Adapun tujuan pada kegiatan ini adalah  CGP dapat membentuk komunitas praktisi dengan sesama CGP untuk berlatih melakukan praktik percakapan coaching dengan alur TIRTA. Pada sesi latihan ini, saya bekerjasama dengan satu CGP lainnya untuk berlatih percakapan coaching dengan alur TIRTA dengan ketentuan sebagai berikut:

1.    Secara bergantian, sepasang CGP akan berlatih percakapan coaching dengan model TIRTA baik sebagai coach maupun sebagai coachee. Pada sesi 1, CGP X akan menjadi coach bagi CGP Y. Berikutnya, CGP Y akan menjadi coach bagi CGP X.

2.    Topik atau hal yang akan dijadikan bahan percakapan coaching bisa merupakan situasi sehari-hari baik sebagai seorang guru maupun pribadi. Bahkan, bisa merupakan topik yang sangat sederhana.

3.    Pastikan langkah-langkah dalam percakapan coaching alur TIRTA dalam berlatih percakapan coaching dipraktikkan dengan baik

Setelah bergantian berlatih mempraktikkan percakapan coaching, setiap CGP akan memberikan refleksinya masing-masing dengan format refleksi yang disediakan.

(Sesi Latihan Coaching bersama dengan CGP Bu Rina Trimulyati)

                         (Foto bersama setelah sesi latihan)

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemuan kedua pada tanggal 27 November 2023

Kami melakukan pertemuan virtual kembali dengan tujuan kegiatan : CGP dapat mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP.

Setelah saya berlatih dengan rekan CGP, pada sesi ini saya mempraktikkan percakapan coaching dan memberikan refleksi mengenai praktik percakapan coaching yang telah dilakukan di dalam kelompok bersama fasilitator. Praktik percakapan coaching diamati oleh sesama CGP lainnya dan fasilitator. Setelah masing-masing pasangan CGP mempraktikkan percakapan coaching dan memberikan refleksinya masing-masing, CGP lain dan fasilitator dapat memberikan umpan balik berdasarkan data dan refleksi mengenai praktik CGP tersebut. Praktik ini juga dinilai oleh fasilitator dengan menggunakan rubrik penilaian.

Di akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara virtual ini ditutup dengan sesi foto bersama.

Tugas ruang kolaborasi saya sematkan pada link yoautube berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=S2Zb1VOt0Vc

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus pada kegiatan ini adalah : CGP dapat melakukan praktik coaching dengan CGP lain untuk membantu mengembangkan area kompetensi coaching pada konteks pembelajaran atau keseharian CGP.

Pada alur kegitan ini saya mempraktikkan percakapan coaching secara triad (3 orang) yang terdiri dari 3 (tiga) siklus. Praktik percakapan ini menggunakan alur supervisi akademik untuk pengembangan kompetensi coaching. Tujuan dari praktik ini adalah untuk melihat, bagaimana seorang CGP bisa mengembangkan kompetensi coachingnya ketika menjadi coach. Rangkaian percakapan coaching ini direkam. Rekaman yang akan diunggah adalah rekaman saat CGP berperan sebagai Supervisor/pengamat karena CGP akan dinilai saat berperan sebagai Supervisor. Fasilitator akan menilai rekaman dengan menggunakan “Rubrik Penilaian Sesi Demonstrasi Kontekstual.” Fasilitator menilai CGP yang berperan sebagai Supervisor.

Berikut tugas yang saya buat untuk kegiatan demonstrasi kontekstual yang saya upload di chanel youtube saya pada link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=MbTSm8plzI0

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai konsep coaching dalam konteks pendidikan, khususnya pada ranah supervisi akademik. Pada sesi ini, saya mendiskusikan hal  tersebut dan bersama-sama membuat kesepakatan pemahaman mengenai coaching dalam konteks pendidikan. melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Tujuan khusus pada fase pembelajaran ini adalah CGP menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media. saya membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Pada fase ini saya diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi pembelajaran  di Paket Modul 2: Pembelajaran yang berpihak pada murid dan membuat sebuah koneksi  antar materi belajar yang sudah Anda lakukan.

Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=DwRTvRhA9t4

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Tujuan kegiatan pada fase Aksi Nyata adalah CGP mempraktikkan  rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut. Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, saya melakukan rangkaian supervisi klinis dan percakapannya dengan paradigma berpikir coaching secara langsung dengan rekan sejawat. Rangkaian supervisi klinis ini terdiri dari kegiatan perencanaan sebelum observasi (pra-observasi), observasi dan pasca observasi berupa praktik percakapan coaching yang memberdayakan.

Berikut tugas Aksi Nyata yang saya lakukan dengan rekan sejawat saya Bu Dyah Hediana Windasari, S.Pd. Guru kelas 4 SD Negeri Kalongan.

https://www.youtube.com/watch?v=U2_riE5DZKM

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...