PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD Negeri Kalongan |
2 |
Nama
Calon Guru Penggerak |
Meilan Resti Fauzi, S.Pd. |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Pada
kegiatan awal pembelajaran ini saya melakukan pembelajaran mandiri dengan
tujuan pembelajaran : mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi
ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi
ini, saya diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk
mengaktifkan ulang pengetahuan awal saya tentang ekosistem sekolah dan peran
pemimpin dan bisa memetakan aset berbasis kekuatannya baik pada diri sendiri
maupun sekolah dalam pengelolaan sumber daya sekolah. |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya
melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 10 sub bahasan.
Pada setiap Sub Bahasan saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu
kelas saya. Pada sesi pembelajaran kali ini, saya banyak melakukan eksplorasi
mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem,
Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah Singkat
Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah
komunitas. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi
bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi. Pada bagian ini saya melakukan dua
aktivitas yaitu menjawab pertanyaan pemantik dan melakukan diskusi dengan
memberikan minimal 1 pertanyaan dan tanggapan kepada CGP yang lain. |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Pertemuan
pertama pada tanggal 19 Februari 2024 Kami mendapatkan penjelasan materi oleh
Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas
tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam satu kelas kami dibagi
menjadi 3 kelompok dan melakukan diskusi dengan melakukan pemetaan 7 modal
aset utama sekolah. |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Pertemuan
kedua pada tanggal 20 Februari 2024 Kami melakukan pertemuan virtual kembali
dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok tentang Pemetaan 7 modal aset
utama sekolah. Saya dan rekan-rekan satu kelompok yang terdiri dari 4 orang
melakukan pembagian tugas dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai
Morderator, Penyamai Materi, Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab
Pertanyaan dari kelompok lain. Dalam proses presentasi kami membuka forum
untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut antar kelompok saling memberi
tanggapan, pertanyaan dan solusi. Di akhir sesi Fasilitaror memberikan
penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan
secara virtual ini ditutup dengan sesi foto bersama. |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Tujuan Pembelajaran Khusus: 1.
CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa
perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada. 2.
CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan
video yang ada. 3.
CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin
pembelajaran dari tayangan video. 4.
CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang
dimanfaatkan contoh video praktik baik ini. Setelah saya dan kelompok saya bersama-sama
berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang
dimiliki daerah bersama rekan lainnya, selanjutnya saya menganalisis tayangan
video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk
peningkatan kualitas pembelajaran murid.
Dalam menganalisis video ini, saya kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi,
prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3
sebelumnya. https://youtu.be/YMflitCt1yI Berikut tugas yang
saya buat untuk kegiatan demonstrasi kontekstual yang saya upload di chanel
youtube saya pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=BqjLfn7xSUo&t=24s |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman
mengenai strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan
diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur. Setelah
mempelajari konsep-konsep inti dalam modul Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber
Daya dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk mendemonstrasikan pemahaman
saya, selanjutnya saya dan teman-teman
CGP berdiskusi dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman kami. Kegiatan
ini dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2024 |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Pada sesi pembelajaran kali ini, saya membuat kesimpulan dan
mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama
mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Berikut adalah pertanyaan pemantik dalam
tugas koneksi antar materi : 1. Buatlah kesimpulan
tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan
Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas,
sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. 2. Jelaskan dan berikan
contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu
proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. 3. Berikan beberapa contoh
bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan
sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. 4. Ceritakan pula bagaimana
hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran
apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses
pembelajaran dalam modul ini. 5. Komunikasikan hasil
kesimpulan Anda dengan cara apapun yang bisa Anda pilih sendiri. Unggahlah hasil pemikiran Anda melalui
LMS/moda yang telah disepakati bersama. Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan
video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut
ini : https://www.youtube.com/watch?v=dOVul9DMw0s&t=6s |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada tahapan akhir dari
siklus pembelajaran MERDEKA, saya mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan
yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara
kolaboratif agar semua warga sekolah
dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas
pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dapat dilaporkan
dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau
video, dan lainnya. Berikut adalah video aksi nyata saya dalam kegiatan
pemetaan aset sekolah : https://www.youtube.com/watch?v=vc-_2nW0LKs&t=2s |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar