Selasa, 23 April 2024

3.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan awal pembelajaran ini saya melakukan pembelajaran mandiri dengan tujuan pembelajaran : mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi ini, saya diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal saya tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dan bisa memetakan aset berbasis kekuatannya baik pada diri sendiri maupun sekolah dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 10 sub bahasan. Pada setiap Sub Bahasan saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas saya. Pada sesi pembelajaran kali ini, saya banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi.  Pada bagian ini saya melakukan dua aktivitas yaitu menjawab pertanyaan pemantik dan melakukan diskusi dengan memberikan minimal 1 pertanyaan dan tanggapan kepada CGP yang lain.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pertemuan pertama pada tanggal 19 Februari 2024

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam satu kelas kami dibagi menjadi 3 kelompok dan melakukan diskusi dengan melakukan pemetaan 7 modal aset utama sekolah.

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemuan kedua pada tanggal 20 Februari 2024

Kami melakukan pertemuan virtual kembali dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok tentang Pemetaan 7 modal aset utama sekolah. Saya dan rekan-rekan satu kelompok yang terdiri dari 4 orang melakukan pembagian tugas dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai Morderator, Penyamai Materi, Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab Pertanyaan dari kelompok lain. Dalam proses presentasi kami membuka forum untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut antar kelompok saling memberi tanggapan, pertanyaan dan solusi.

Di akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara virtual ini ditutup dengan sesi foto bersama.

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus:

1.    CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.

2.    CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.

3.    CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.

4.    CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Setelah saya dan kelompok saya bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, selanjutnya saya menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis video ini, saya kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. https://youtu.be/YMflitCt1yI

Berikut tugas yang saya buat untuk kegiatan demonstrasi kontekstual yang saya upload di chanel youtube saya pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=BqjLfn7xSUo&t=24s

 

 

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur. Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk mendemonstrasikan pemahaman saya,  selanjutnya saya dan teman-teman CGP berdiskusi dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman kami. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2024

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada sesi pembelajaran kali ini, saya membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Berikut adalah pertanyaan pemantik dalam tugas koneksi antar materi :

1.    Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.

2.    Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.

3.    Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

4.    Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

5.    Komunikasikan hasil kesimpulan Anda dengan cara apapun yang bisa Anda pilih sendiri.  Unggahlah hasil pemikiran Anda melalui LMS/moda yang telah disepakati bersama.

Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=dOVul9DMw0s&t=6s

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, saya mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara kolaboratif  agar semua warga sekolah dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dapat dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya. Berikut adalah video aksi nyata saya dalam kegiatan pemetaan aset sekolah :

https://www.youtube.com/watch?v=vc-_2nW0LKs&t=2s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...