Selasa, 23 April 2024

2.2.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pembelajaran Modul 2.2 ini dimulai dengan mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri yang di mulai dari tanggal 3 November 2023. Ada beberapa pertanyaan dalam refleksi Kompetensi sosial emosional yang barhubungan dengan peristiwa yang saya alami dan rasakan dalam tugas keseharian saya sebagai pendidik sebgai sebuah kesulitan, kekecewaan, kemunduran atau kemalangan yang akhirnya membantu saya bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelummya.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Dilanjutkan Eksplorasi konsep forum diskusi pada tanggal 6 dan 7 November 2023 yang berisi tentang materi Kompetensi Sosial Emosional serta iplementasinya di sekolah. Di selingi dengan diskusi bersama CGP lainnya. Kami saling memberikan umpan pertanyaan dan umpan balik dengan rekan sesama CGP yang menambah wawasan kami tentang kompetensi Sosial dan Emosional.

 

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Pembelajaran Sosial Emosional ini dapat diimplementasikan di kelas atau sekolah dengan 4 indikator yaitu, pembelajaran eksplisit, integrasi dalam pembelajaran guru dan kurikulum akademik, melalui proses menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah, serta penguatan KSE Tenaga pendidik dan Tenaga Kependidikan.

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pertemuan pertama pada tanggal 8 November 2024

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang pembelajaran sosial emosional. Dalam satu kelas kami dibagi menjadi 3 kelompok dan melakukan diskusi untuk mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas dan sekolah.

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemuan kedua pada tanggal 9 November 2024

 

Kami melakukan pertemuan virtual kembali dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok tentang implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Saya dan rekan- rekan satu kelompok yang terdiri dari 4 orang melakukan pembagian tugas dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai Morderator, Penyamai Materi, Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab Pertanyaan dari kelompok lain. Dalam proses presentasi kami membuka forum untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut antar kelompok saling memberi tanggapan, pertanyaan dan solusi.

Di akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara virtual ini ditutup dengan sesi foto bersama.

Berikut tautan tugas ruang kolaborasi yang kami laksanakan :

https://drive.google.com/file/d/1oEKvcHuQ33cV42DaxH64Oywp_5e_1gLQ/view?usp=s haring

 

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam tahapan ini, saya membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi murid di Kelas. Berikut tugas                   yang saya buat untuk kegiatan demonstrasi kontekstual : https://drive.google.com/file/d/1fmhpmiT2UsVl8KjYJLHCFPj41HIv8MTy/view?usp=shari ng

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai Melalui diskusi dan tanya jawab dengan instruktur, CGP dapat mengelaborasi pemahamannya terkait dengan implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul Pembelajaran Sosial Emosional, dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk mendemonstrasikan pemahaman saya, selanjutnya saya dan teman-teman CGP berdiskusi dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman kami.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada sesi pembelajaran kali ini, saya membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Berikut adalah pertanyaan pemantik dalam tugas koneksi antar materi : Pertanyaan Pemantik untuk Sesi Pembelajaran 6:

1.    Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?

2.    Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?

Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=kEFgV7iXFx8

 

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, saya melakukan aksi nyata Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...