PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama Sekolah |
SD Negeri Kalongan |
2 |
Nama Calon Guru Penggerak |
Meilan Resti Fauzi, S.Pd. |
3 |
Kegiatan Mulai Dari Diri |
Pembelajaran
Modul 2.2 ini dimulai dengan mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara
mandiri yang di mulai dari tanggal 3 November 2023. Ada beberapa pertanyaan
dalam refleksi Kompetensi sosial emosional yang barhubungan dengan peristiwa
yang saya alami dan rasakan dalam tugas keseharian saya sebagai pendidik
sebgai sebuah kesulitan, kekecewaan, kemunduran atau kemalangan yang akhirnya
membantu saya bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelummya. |
4 |
Kegiatan Eksplorasi Konsep |
Dilanjutkan
Eksplorasi konsep forum diskusi pada tanggal 6 dan 7 November 2023 yang
berisi tentang materi Kompetensi Sosial Emosional serta iplementasinya di
sekolah. Di selingi dengan diskusi bersama CGP lainnya. Kami saling
memberikan umpan pertanyaan dan umpan balik dengan rekan sesama CGP yang
menambah wawasan kami tentang kompetensi Sosial dan Emosional. Pembelajaran
Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan secara
kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Pembelajaran Sosial dan Emosional
berdasarkan kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic, Social and
Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi
Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran
sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung
jawab. Pembelajaran Sosial Emosional ini dapat diimplementasikan di kelas
atau sekolah dengan 4 indikator yaitu, pembelajaran eksplisit, integrasi
dalam pembelajaran guru dan kurikulum akademik, melalui proses menciptakan
iklim kelas dan budaya sekolah, serta penguatan KSE Tenaga pendidik dan
Tenaga Kependidikan. |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi
Sesi 1 |
Pertemuan pertama pada tanggal 8 November 2024 Kami
mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk
membahas tentang pembelajaran sosial emosional.
Dalam satu kelas kami dibagi menjadi 3 kelompok dan melakukan diskusi
untuk mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi 5 kompetensi sosial
dan emosional di kelas dan sekolah. |
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi
Sesi 2 |
Pertemuan kedua pada
tanggal 9 November 2024 Kami melakukan pertemuan virtual kembali
dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok
tentang implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas
dan sekolah. Saya dan rekan- rekan satu kelompok yang terdiri dari 4
orang melakukan pembagian tugas dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai
Morderator, Penyamai Materi,
Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab Pertanyaan dari kelompok lain.
Dalam proses presentasi kami membuka forum
untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut antar kelompok saling memberi
tanggapan, pertanyaan dan solusi. Di
akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan
secara virtual ini ditutup dengan sesi foto
bersama. Berikut tautan
tugas ruang kolaborasi yang kami laksanakan : https://drive.google.com/file/d/1oEKvcHuQ33cV42DaxH64Oywp_5e_1gLQ/view?usp=s haring |
7 |
Kegiatan Demonstrasi
Kontekstual |
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat
mendemonstrasikan pemahaman tentang
implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam
tahapan ini, saya
membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi
murid di Kelas.
Berikut tugas yang saya buat untuk kegiatan demonstrasi
kontekstual : https://drive.google.com/file/d/1fmhpmiT2UsVl8KjYJLHCFPj41HIv8MTy/view?usp=shari ng |
8 |
Kegiatan Elaborasi
Pemahaman |
Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai Melalui diskusi
dan tanya jawab
dengan instruktur, CGP dapat mengelaborasi pemahamannya terkait dengan implementasi 5 kompetensi sosial
dan emosional di kelas dan sekolah.
Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul Pembelajaran Sosial
Emosional, dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk
mendemonstrasikan pemahaman saya,
selanjutnya saya dan teman-teman CGP berdiskusi dengan
instruktur untuk
mengelaborasi pemahaman kami. |
9 |
Kegiatan Koneksi Antar
Materi |
Pada sesi pembelajaran kali ini, saya membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi
yang ada di dalam modul ini dengan
materi lainnya selama
mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.
Berikut adalah pertanyaan pemantik dalam tugas koneksi antar materi : Pertanyaan Pemantik untuk Sesi Pembelajaran 6: 1. Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan,
keterampilan, sikap sebagai pemimpin
pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional? 2. Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang
telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya? Berikut ini
adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel
Youtube saya pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=kEFgV7iXFx8 |
10 |
Kegiatan Aksi Nyata |
Pada
tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, saya melakukan aksi nyata Membagikan pemahaman tentang
implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu: pengajaran
eksplisit, integrasi dalam praktek
mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim
kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik
dan tenaga kependidikan di sekolah dan serta merefleksikannya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar