Selasa, 23 April 2024

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan awal pembelajaran ini saya diminta untuk melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik. Adapun tujuan dari kegiatan awal ini adalah CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengawali pembelajaran pada modul 2.1 ini saya diminta untuk membuat refleksi.

Saya menuliskan refleksi sebagai berikut :

Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.

Saat ini saya mengajar kelas V . Saya membersami 24 murid dengan katakteristik yang berbeda-beda. Mereka juga berasal dari beberapa suku yang berbeda yang tentunya membawa karakternya masing-masing. Mayoritas mereka berasal dari suku Jawa, namun ada juga yang berasal dari suku sunda, madura dan aceh.

 

Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Saya mencoba memahami karakteristik dari masing-masing murid saya. Ada yang cepat dalam menangkap informasi yang saya sampaikan, dan ada juga yang lambat dalam memahami informasi yang saya sampaikan. Yang telah saya lakukan, saya menyesuaikan tingkat materi pelajaran dari masing-masing kelompok anak. Bagi murid yang dengan cepat memahami pelajaran, saya berikan materi pengayaan. Bagi murid yang lambat dalam memahami pelajaran biasanya saya akan mendekati mereka dan menuntun dari pemahaman yang paling sederhana yang dapat mereka pahami.

·         Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda?

·         Saya berusaha menggunakan variasi media pembelajaran, dari benda konkrit, gambar dan video, games dan lain-lain.

·         Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

·         Saya melakukan bimbingan kelompok dan individu. Bagi murid yang cepat dalam memahami materi pelajaran, biasanya mereka meminta sendiri untuk diberikan soal-soal yang lebih sulit. Maka saya pun memberikan pengayaan untuk mereka. Bagi murid yang lambatpun saya akan menawarkan bantuan yang mereka butuhan. Saya bisa menanyakan materi apa yang belum dipahami, dan saya akan membimbing murid yang mengalami kesulitan. Dampaknya, masing-masing murid dapat terpenuhi kebutuhannya sesuai dengan tingkatan masing-masing.

·         Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

·         Tantangan yang saya hadapi salah satunya perbedaan bahasa, saya mendapati murid baru dari Aceh, dimana dia cukup kesulitan dalam memahami bahasa yang disampaikan saya atau teman-temannya. Awalnya saya melakukan observasi tentang anak tersebut, setalah saya mendapatkan data yang cukup lalu saya

·         memanggil kedua orang tuanya. Dari diskusi kami dengan orang tuanya ternyata kami menemukan akar masalah dari kemampuan komunikasi anak tersebut. Bahwa anak tersebut mengalami lambat bicara. Dari temuan masalah tersebut, saya menyarankan untuk dilakukan proses tindak lanjut dengan melakukan konsultasi dengan psikolog untuk dapat memberikan penangan yang tepat.

·         Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

Seharusnya pembelajaran dirancang sesuai dengan kemampuan murid. Kita dapat mencari tau apa gaya belajar dominannya agar kita dapat merancang pembelajaran sesuai, sehingga memudahkan murid dalam memahami pokok materi pelajaran yang disampaikan. Dalam pelaksanaanya, kita dapat mengelompokan murid-murid tersebut sesuai dengan kecenderungan atau gaya bejarnya, kita menggunakan media-media pendukung yang sesuai agar dapat mengakomodir semua kebutuhan murid yang berbeda-beda. Dalam proses evaluasi juga kita membuat sesuai dengan tingkat pemahamannya masing- masing.

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalu LMS dengan materi yang cukup banyak, diantaranya :

Ø  2.1.1 Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan   Belajar Semua Murid

Ø  2.1.2 Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

        Sebuah Ilustrasi

        Miskonsepsi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi

        Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Ø  2.1.3 Mengetahui Kebutuhan Belajar Murid

       1. KESIAPAN BELAJAR (READINESS)

        Kesiapan Belajar

        Kesiapan Belajar

        Contoh Mengidentifikasi atau Memetakan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar

       2. MINAT MURID

        Minat Murid

        Contoh Mengidentifikasi atau Memetakan kebutuhan belajar berdasarkan minat

      3. PROFIL BELAJAR MURID

        Contoh Mengidentifikasi atau Memetakan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar murid

        Video Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Murid

        Contoh cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid

        Refleksi

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Ruang Kolaborasi Pertama dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2023

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Pembelajaran Berdeferensiasi.

Selanjutnya kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan diskusi dalam menganalisis pembelajaran berdeferensiasi situasi 2- SD. Hasil diskusi akan dipresentasikan hari berikutnya.

 

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2023

Pada ruang kolaborasi ini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang study kasus.

 

 

 

Diakhir pertemuan kami melakukan sesi foto Bersama sebagai bukti kegiatan

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul 2.1 tentang pembelajaran untuk memenuhi       kebutuhan       murid   (Pembelajaran berdeferensiasi) saya diminta mendemonstrasikan pemahaman saya secara kontekstual dengan membuat Rencana pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

Berikut link drive untuk RPP Berdeferensiasi yang telah saya buat

https://drive.google.com/file/d/1mB8d2iAOiuCpF4CNgWPwkHXi5ay7ipE/view?ups=sharing

 

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini dilaksanakan Bersama Instruktur Ibu Rusiati Yo mempelajari tentang materi Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan murid (Pembelajaran berdeferensiasi). Adapun tujuan dari kegiatan elaborasi pemahaman ini adalah CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi lewat proses tanya jawab dan diskusi. Dari kegiatan tersebut saya mendapatkan tambahan penjelasan dan pencerahan tentang bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berdeferensiasi di kelas.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya diminta untuk membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya.

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

1.    Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

2.    Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

3.    Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Pada tugas koneksi antar materi ini saya membuat video yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=XVViLK-likw

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada kegiatan Aksi Nyata saya diminta mengimplementasikan pembelajaran berdeferensiasi di dalam kelas. Berikut adalah dokumentasi kegiatan pembelajaran berdeferensiasi yang telah saya lakukan :

 

 

Setelah saya melakuka pembelajaran berdeferensiasi, selajutnya dalam komunitas belajar saya melakukan diseminasi dengan membagikan praktik baik pembelajaran berdeferensiasi kepada rekan sejawat di sekolah.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...