NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama Sekolah |
SD Negeri Kalongan |
2 |
Nama Calon Guru Penggerak |
Meilan Resti Fauzi, S.Pd. |
3 |
Kegiatan Mulai Dari Diri |
Pada kegiatan awal
pembelajaran ini saya diminta untuk melakukan refleksi diri dengan menjawab
beberapa pertanyaan pemantik. Adapun tujuan dari kegiatan awal ini adalah CGP
dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa
lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai
tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengawali pembelajaran pada modul
2.1 ini saya diminta untuk membuat refleksi. Saya menuliskan refleksi
sebagai berikut : Bayangkanlah
kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda. Saat ini saya mengajar
kelas V . Saya membersami 24 murid dengan katakteristik yang berbeda-beda.
Mereka juga berasal dari beberapa suku yang berbeda yang tentunya membawa
karakternya masing-masing. Mayoritas mereka berasal dari suku Jawa, namun ada
juga yang berasal dari suku sunda, madura dan aceh. Apa yang telah Anda
lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Saya mencoba memahami
karakteristik dari masing-masing murid saya. Ada yang cepat dalam menangkap
informasi yang saya sampaikan, dan ada juga yang lambat dalam memahami
informasi yang saya sampaikan. Yang telah saya lakukan, saya menyesuaikan
tingkat materi pelajaran dari masing-masing kelompok anak. Bagi murid yang
dengan cepat memahami pelajaran, saya berikan materi pengayaan. Bagi murid
yang lambat dalam memahami pelajaran biasanya saya akan mendekati mereka dan
menuntun dari pemahaman yang paling sederhana yang dapat mereka pahami. ·
Apa
yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk
murid Anda? ·
Saya
berusaha menggunakan variasi media pembelajaran, dari benda konkrit, gambar
dan video, games dan lain-lain. ·
Apakah
ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti
apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda? ·
Saya
melakukan bimbingan kelompok dan individu. Bagi murid yang cepat dalam
memahami materi pelajaran, biasanya mereka meminta sendiri untuk diberikan
soal-soal yang lebih sulit. Maka saya pun memberikan pengayaan untuk mereka.
Bagi murid yang lambatpun saya akan menawarkan bantuan yang mereka butuhan.
Saya bisa menanyakan materi apa yang belum dipahami, dan saya akan membimbing
murid yang mengalami kesulitan. Dampaknya, masing-masing murid dapat
terpenuhi kebutuhannya sesuai dengan tingkatan masing-masing. ·
Sebutkan
tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang
disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa
yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut? ·
Tantangan
yang saya hadapi salah satunya perbedaan bahasa, saya mendapati murid baru
dari Aceh, dimana dia cukup kesulitan dalam memahami bahasa yang disampaikan
saya atau teman-temannya. Awalnya saya melakukan observasi tentang anak
tersebut, setalah saya mendapatkan data yang cukup lalu saya ·
memanggil
kedua orang tuanya. Dari diskusi kami dengan orang tuanya ternyata kami
menemukan akar masalah dari kemampuan komunikasi anak tersebut. Bahwa anak
tersebut mengalami lambat bicara. Dari temuan masalah tersebut, saya
menyarankan untuk dilakukan proses tindak lanjut dengan melakukan konsultasi
dengan psikolog untuk dapat memberikan penangan yang tepat. ·
Menurut
Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid
tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan
dievaluasi? Seharusnya pembelajaran
dirancang sesuai dengan kemampuan murid. Kita dapat mencari tau apa gaya
belajar dominannya agar kita dapat merancang pembelajaran sesuai, sehingga
memudahkan murid dalam memahami pokok materi pelajaran yang disampaikan.
Dalam pelaksanaanya, kita dapat mengelompokan murid-murid tersebut sesuai
dengan kecenderungan atau gaya bejarnya, kita menggunakan media-media
pendukung yang sesuai agar dapat mengakomodir semua kebutuhan murid yang
berbeda-beda. Dalam proses evaluasi juga kita membuat sesuai dengan tingkat
pemahamannya masing- masing. |
4 |
Kegiatan Eksplorasi Konsep |
Pada kegiatan Eksplorasi
Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalu LMS dengan materi yang
cukup banyak, diantaranya : Ø
2.1.1
Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar
Semua Murid Ø
2.1.2
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi •
Sebuah
Ilustrasi •
Miskonsepsi
tentang Pembelajaran Berdiferensiasi •
Pengertian
Pembelajaran Berdiferensiasi Ø
2.1.3
Mengetahui Kebutuhan Belajar Murid 1. KESIAPAN BELAJAR (READINESS) •
Kesiapan
Belajar •
Kesiapan
Belajar •
Contoh
Mengidentifikasi atau Memetakan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan
Belajar 2. MINAT MURID •
Minat
Murid •
Contoh
Mengidentifikasi atau Memetakan kebutuhan belajar berdasarkan minat 3. PROFIL BELAJAR MURID •
Contoh
Mengidentifikasi atau Memetakan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar
murid •
Video
Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Murid •
Contoh
cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar
murid •
Refleksi |
5 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi
Sesi 1 |
Ruang
Kolaborasi Pertama dilaksanakan pada tanggal
25 Oktober 2023 Kami
mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan
melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Pembelajaran
Berdeferensiasi. Selanjutnya kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk
melakukan diskusi dalam menganalisis pembelajaran berdeferensiasi situasi 2-
SD. Hasil diskusi akan dipresentasikan hari berikutnya. |
6 |
Kegiatan Ruang Kolaborasi
Sesi 2 |
Pertemuan kedua
dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2023 Pada ruang kolaborasi ini
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang study kasus. Diakhir pertemuan kami
melakukan sesi foto Bersama sebagai bukti kegiatan |
7 |
Kegiatan Demonstrasi
Kontekstual |
Setelah
mempelajari konsep-konsep inti dalam modul 2.1 tentang pembelajaran untuk
memenuhi kebutuhan murid (Pembelajaran
berdeferensiasi) saya diminta mendemonstrasikan pemahaman saya
secara kontekstual dengan membuat Rencana pembelajaran yang memuat
pembelajaran berdiferensiasi. Berikut link drive untuk
RPP Berdeferensiasi yang telah saya buat https://drive.google.com/file/d/1mB8d2iAOiuCpF4CNgWPwkHXi5ay7ipE/view?ups=sharing |
8 |
Kegiatan Elaborasi
Pemahaman |
Pada kegiatan ini
dilaksanakan Bersama Instruktur Ibu Rusiati Yo mempelajari tentang materi
Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan murid (Pembelajaran berdeferensiasi).
Adapun tujuan dari kegiatan elaborasi pemahaman ini adalah CGP dapat
mengelaborasi pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi lewat proses
tanya jawab dan diskusi. Dari kegiatan tersebut saya mendapatkan tambahan penjelasan
dan pencerahan tentang bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
berdeferensiasi di kelas. |
9 |
Kegiatan Koneksi Antar
Materi |
Pada kegiatan ini saya
diminta untuk membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi
yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang
pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya. Pertanyaan Pemantik untuk
sesi pembelajaran ini adalah: 1.
Apakah
saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari? 2.
Bagaimana
perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang
implementasi pembelajaran berdiferensiasi? 3.
Bagaimana
saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan
pembelajaran berdiferensiasi ini? Pada tugas koneksi antar
materi ini saya membuat video yang saya upload pada chanel Youtube saya pada
link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=XVViLK-likw |
10 |
Kegiatan Aksi Nyata |
Pada
kegiatan Aksi Nyata saya diminta mengimplementasikan pembelajaran
berdeferensiasi di dalam kelas. Berikut adalah dokumentasi kegiatan
pembelajaran berdeferensiasi yang telah saya lakukan : Setelah
saya melakuka pembelajaran berdeferensiasi, selajutnya dalam komunitas
belajar saya melakukan diseminasi dengan membagikan praktik baik pembelajaran
berdeferensiasi kepada rekan sejawat di sekolah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar