Visi Guru Penggerak
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
1 |
Nama
Sekolah |
SD Negeri Kalongan |
2 |
Nama Calon Guru Penggerak |
Meilan Resti Fauzi, S.Pd. |
3 |
Kegiatan
Mulai Dari Diri |
Pada
kegiatan awal pembelajaran ini saya diingatkan kembali tentang pentingnya membuat VISI. Saya diajak untuk mengartikulasikanlah
nilai-nilai, filosofi, harapan atas murid
di sekolah yang saya yakini
dalam sebuah VISI.
Saya membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku
tentang murid di masa depan (5-10 tahun mendatang)”.
Berikut ini adalah gambaran yang saya buat tentang Imajinasi Murid Impian yang saya tuangkan dalam sebuah video
pendek pada link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=GHfAjo3AX7w&t=33s |
4 |
Kegiatan
Eksplorasi Konsep |
Pada
kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 9 sub bahasan.
Pada setiap Sub Bahasan saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas
saya. Di bagian
awal eksplorasi konsep,
saya mempelajari tentang
paradigma inkuiri apresiatif dan menikmati sajian
Puisi yang berjudul
“Aku Melihat Indonesia” karya Soekarno. Setelah itu, saya mempelajari materi tentang “Berpikir Strategis”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma”, “Inkuiri
Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)”, “Tahapan BAGJA”, “Proses
Inkuiri dalam BAGJA”,
dan “Amati - Tiru – Modifikasi”. Setelah itu, saya melakukan refleksi mandiri tentang pengalaman yang sudah dilakukan menggunakan kanvas BAGJA. Berikut ini
adalah link salinan Kanvas BAGJA yang telah saya buat https://docs.google.com/presentation/d/141m_Y6PQVNh6QTNoDiVO- UuZNSlHDZzcO9V-WJ2nlHk/edit?usp=sharing |
5 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 1 |
Pada
Pertemuan pertama tanggal 20 September 2023 Kami mendapatkan
penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi
kelompok untuk membahas tentang Visi Guru Penggerak, Kerangka ATAP, Prakarsa
Perubahan dan penerapan model BAGJA. Dalam
satu kelas kami dibagi menjadi 2 kelompok dan melakukan diskusi dengan
menentukan satu VISI bersama dan penerapannya dalam kerangka BAGJA |
6 |
Kegiatan
Ruang Kolaborasi Sesi 2 |
Pada
Pertemuan kedua tanggal 21 September 2023 Kami
melakukan pertemuan virtual kembali dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok
tentang Visi, Prakarsa Perubahan dan Penerapan Model BAGJA. Saya dan
rekan-rekan satu kelompok yang terdiri dari 6 orang melakukan pembagian tugas
dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai Morderator, Penyamai
Materi, Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab Pertanyaan dari kelompok
lain. Dalam proses presentasi kami membuka forum untuk berdiskusi. Dalam
diskusi tersebut antar kelompok saling memberi tanggapan, pertanyaan dan
solusi. Di
akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan
Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara virtual ini ditutup dengan sesi
foto bersama. |
7 |
Kegiatan
Demonstrasi Kontekstual |
Pada
bagian ini, saya ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan
Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, saya diminta untuk
menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan.
Sebagai tambahan, saya juga menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin
seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif dalam video
berikut sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan
pengalaman semua orang yang berada dalam suatu sistem untuk mewujudkan yang
diinginkan. Pada tugas
Demonstrasi Kontekstual kali ini, saya diminta membuat rancangan tindakan perubahan
berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri
sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Berikut
ini adalah link tugas saya dalam melakukan Demonstrasi Kontestual https://www.youtube.com/watch?v=lbsKnQps6w4&t=69s |
8 |
Kegiatan
Elaborasi Pemahaman |
Pada
kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai
bagaimana Guru Penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila pada muridnya di sekolah menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif
dan model perubahan BAGJA. Setelah mendapatkan penjelasan dari Instruktur
Bapak Budi Santosa, saya merasa tercerahkan bagaimana alur dalam membuat Visi
melalui paradigma Inkuiri Apresiatif (AI). Menentukan Prakarsa Perubahan
melalui matode ATAP dan menjalankan Prakarsa Perubahan menggunakan model
BAGJA. |
9 |
Kegiatan
Koneksi Antar Materi |
Pada
kegiatan ini saya mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi
lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan
paradigma dan model inkuiri apresiatif. Saya diminta untuk merefleksikan dan
mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan
merespon pertanyaan berikut: Apa
yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan
filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada
murid- muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah
Bapak/Ibu? Salain
ini saya juga diminta untuk melakukan revisi pada visi yang telah saya buat
pada Demonstrasi Kontekstual yang
saya buat sebelumnya. Revisi dan rumuskan dengan penuh
keyakinan, visi yang telah saya buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas,
ke dalam sebuah VISI yang membuat saya bersemangat ketika membacanya, dan
menggerakkan hati setiap orang yang membacanya! Berikut
ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video
sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=Us9xRo4H2RE&t=333s |
10 |
Kegiatan
Aksi Nyata |
Pada
tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA kali ini saya mendapat tugas
merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang
saya buat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar