Selasa, 23 April 2024

1.3.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

 Visi Guru Penggerak

NO

URAIAN

KETERANGAN

1

Nama Sekolah

SD Negeri Kalongan

2

Nama Calon Guru Penggerak

Meilan Resti Fauzi, S.Pd.

3

Kegiatan Mulai Dari Diri

Pada kegiatan awal pembelajaran ini saya diingatkan kembali tentang pentingnya membuat VISI. Saya diajak untuk mengartikulasikanlah nilai-nilai, filosofi, harapan atas murid di sekolah yang saya yakini dalam sebuah VISI. Saya membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan (5-10 tahun mendatang)”. Berikut ini adalah gambaran yang saya buat tentang Imajinasi Murid Impian yang saya tuangkan dalam sebuah video pendek pada link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=GHfAjo3AX7w&t=33s

 

4

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan Eksplorasi Konsep saya melakukan pembelajaran mandiri melalui LMS dengan mempelajari 9 sub bahasan. Pada setiap Sub Bahasan saya juga melakukan diskusi dengan rekan-rekan satu kelas saya. Di bagian awal eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang paradigma inkuiri apresiatif dan menikmati sajian Puisi yang berjudul “Aku Melihat Indonesia” karya Soekarno. Setelah itu, saya mempelajari materi tentang “Berpikir Strategis”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)”, “Tahapan BAGJA”, “Proses Inkuiri dalam BAGJA”, dan “Amati - Tiru Modifikasi”. Setelah itu, saya melakukan refleksi mandiri tentang pengalaman yang sudah dilakukan menggunakan kanvas BAGJA.

Berikut ini adalah link salinan Kanvas BAGJA yang telah saya buat https://docs.google.com/presentation/d/141m_Y6PQVNh6QTNoDiVO- UuZNSlHDZzcO9V-WJ2nlHk/edit?usp=sharing

 

5

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Pada Pertemuan pertama tanggal 20 September 2023

Kami mendapatkan penjelasan materi oleh Instruktur Bapak Agus Rahmaddi dan melakukan diskusi kelompok untuk membahas tentang Visi Guru Penggerak, Kerangka ATAP, Prakarsa Perubahan dan penerapan model BAGJA.

Dalam satu kelas kami dibagi menjadi 2 kelompok dan melakukan diskusi dengan menentukan satu VISI bersama dan penerapannya dalam kerangka BAGJA

6

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada Pertemuan kedua tanggal 21 September 2023

Kami melakukan pertemuan virtual kembali dengan agenda presentasi hasil diskusi kelompok tentang Visi, Prakarsa Perubahan dan Penerapan Model BAGJA. Saya dan rekan-rekan satu kelompok yang terdiri dari 6 orang melakukan pembagian tugas dalam presntasi tersebut. Ada yang berperan sebagai Morderator, Penyamai Materi, Penanya, Pemberi tanggapan dan Menjawab Pertanyaan dari kelompok lain. Dalam proses presentasi kami membuka forum untuk berdiskusi. Dalam diskusi tersebut antar kelompok saling memberi tanggapan, pertanyaan dan solusi.

Di akhir sesi Fasilitaror memberikan penguatan tentang hasil diskusi. Kegiatan Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara virtual ini ditutup dengan sesi foto bersama.

7

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Pada bagian ini, saya ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, saya diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan. Sebagai tambahan, saya juga menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif dalam video berikut sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yang berada dalam suatu sistem untuk mewujudkan yang diinginkan. Pada tugas Demonstrasi Kontekstual kali ini, saya diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid.

Berikut ini adalah link tugas saya dalam melakukan Demonstrasi Kontestual https://www.youtube.com/watch?v=lbsKnQps6w4&t=69s

8

Kegiatan Elaborasi Pemahaman

Pada kegiatan ini bersama Instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mengenai bagaimana Guru Penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada muridnya di sekolah menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif dan model perubahan BAGJA. Setelah mendapatkan penjelasan dari Instruktur Bapak Budi Santosa, saya merasa tercerahkan bagaimana alur dalam membuat Visi melalui paradigma Inkuiri Apresiatif (AI). Menentukan Prakarsa Perubahan melalui matode ATAP dan menjalankan Prakarsa Perubahan menggunakan model BAGJA.

9

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. Saya diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid- muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

 

Salain ini saya juga diminta untuk melakukan revisi pada visi yang telah saya buat pada    Demonstrasi   Kontekstual   yang   saya    buat   sebelumnya.      Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah saya buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat saya bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

 

Berikut ini adalah tugas Koneksi Antar Materi yang saya buat menggunakan video sederhana yang saya upload pada chanel Youtube saya pada link berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=Us9xRo4H2RE&t=333s

10

Kegiatan Aksi Nyata

Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA kali ini saya mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang saya buat pada tahap Demonstrasi Kontekstual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...