Sabtu, 09 Oktober 2021

Jurnal Refleksi - Minggu 8

 

Jurnal Refleksi - Minggu 8

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari Mulai Diri-Budaya Positif dilanjutkan Eksplorasi Konsep dan Ruang Eksplorasi konsep bersama Fasilitator, saya menjadi lebih bertambah ilmunya terutama mengenai budaya positif di sekolah, CGP dapat memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas. CGP dapat memahami proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih ke keyakinan kelas. CGP akan dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif, dan terbuka dalam menggali nilai keyakinan-keyakinan pada lingkungan mereka masing-masing.

2.      Feelings (Perasaan)

      Ketika saya mempelajari hal diatas dari peristiwa ke peristiwa tersebut perasaan saya dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya, saya dapat mengetahui dan menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman. Dan saya dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif dan terbuka atas penemuan diri yang didapatkan dari mempelajari 5 posisi kontrol.

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan dalam Budaya Positif disekolah adalah CGP dapat memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka yang berbeda-beda dan agar menjadi individu yang selamat dan bahagia, kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif. CGP memahami bahwa kebutuhan dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif oleh karena itu peran guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi kebutuhannya secara positif.

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Action dari peran Guru Penggerak yaitu yang pertama evaluasi diri terhadap kompetensi , selanjutnya membuat perencanaan pengembangan terhadap kompetensi tersebut. Diawali dari belajar beberapa kasus dan meningkatkan disiplin yang berpusat pada murid dengan pendekatan restitusi yang disebut 5 posisi control ; Penghukum, Pembuat merasa bersalah, Teman, Monitor/ Pemantau, dan Manager.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...