Selasa, 12 April 2022

3.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 24

 Minggu ini adalah  minggu terakhir pembelajaran modul 3.3  tentang pemimpin dalam pengelolan program yang berdampak pada murid.  Modul ini merupakan paket modul terakhir pembelajaran Calon guru penggerak Angkatan ke 3 Kabupaten Sleman  melalui  LMS.   

Activity minggu ini adalah dimulai dengan ruang kolaborasi  berlanjut dengan refleksi terbimbing dan demonstrasi Kontekstual. Demonstrasi  kontekstual merupakan rancangan program yang berdampak pada murid dengan menggunakan  pemenuhan tahapan BAGJA . 

BAGJA merupakan singakatan dari  buat pertanyaan, ambil pelajaran, gali mimpi jabarakan rencana dan atur eksekusi.   Setelah  penyelesaian demonstrasi kontekstual  kegiatan berlanjut dengan  elaborasi bersama Instruktur ibu Rosiyati Yo.  Sesi Bersama beliau  sangat membuka cakrawala berfikir kami tentang program yang berdapak pada murid yang harus diterapkan disekolah kami .  

Pada tahapan ini kami juga diberikan wawasan dalam pembuatan program sekolah yang berpihak pada murid   perlu menggunakan tahapan BAGJA agar program ini terealisasi dengan baik dan mudah dalam melakukan evaluasi.    Evaluasi ini dilakukan untuk mempertimbankan manajemen resiko yang di temukan di sekolah.

Selanjutnya kami CGP Angkatan ke 3 Kab. Tangerang menggambarkan kaitan antar materi dalam modul 3.3  yang biasa kami sebut  dengan istilah koneksi antar materi.  Koneksi ini berisikan tentang penjelasan judul  latar belakang  serta  keterkaitan dengan modul sebelummnya.  Keterkaitan dengan materi sebelumnya adalah pemetaan sumberdaya  dengan program sekolah.  

Dimana asset yang dimilki oleh sekolah perlu dikelola dengan baik untuk menggali potensi yang ada pada murid sehingga maksimalisasi  pendidikan  tercapai  sesuai kodrat alam dan zaman murid sebagaimana cita-cita Ki Hajar Dewantara bapak pendidikan Nasional .  Asset sekolah adalah modal manusia,modal sosial, modal fisik, modal lingkungan,modal  financial,modal politik, , modal agama dan budaya.  Kegiatan terakhir modul 3.3 adalah menyusun dan membuat rancangan aksi nyata. 

Aksi nyata ini merupakan penerapan dari demostrasi kontekstual yang di rancangan sebelumnya.  Sebagai closing activity pada modul  3.3 adalah post test . Hasil post test Alhamdulillah  walau tidak sempurna  akan tetapi sangat memuaskan  semoga hasil dari pembelajaran dan post test  modul 3.3  ini bisa di realisasikan disekolah tempat mengabdi yaitu di SMP Negeri 1 Prambanan.

Examination

Modul 3.3 ini menambah pemahaman saya dan CGP lain  bahwa sebuah program yang dirancang dan dibuat perlu  termuat contents  voice, choice dan ownership murid.  

Step yang dilakukan dalam membuat program yang berdampak pada murid adalah  dengan maping asset/ strength ness / potensi yang dimiliki oleh sekolah dengan tepat.  Maping asset yang tepat akan memudahkan optimalisasi program berjalan dengan lancar tentunya  membantu meminimalisir kendala .  Optimalisasi asset  yang benar tentunya memudahakan   dalam mewujutkan visi-dan misi sekolah.  

Modul ini juga menambah wawasan kami CGP   untuk mengelola sebuah program yang berdampak  pada murid  dengan strategi MELR( monitoring, evaluation, learning and reporting). Selain dari itu kami juga di ajarkan pentingnya mengkaji SWOT (strengths,weakness,opportunities,threats) pada  rencana program  yang dibuat.   Analisis SWOT (kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman)  ini pun bermamfaat untuk meminimalisir resiko dalam menjalankan program yang berdampak pada murid di UPT SMP Negeri 1 Prambanan.

Articulation of learning

Pembelajaran modul 3.3  ini merupakan point yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin dalam pembelajaran  dalam rangka  lebih berkreasi dan berinovasi serta bersinergi untuk  mengembangkan asset yang ada di sekolah.  Program yang terkelola dengan baik akan berdampak pada merdeka belajar dan tentunya  akan melahirkan murid yang berprofil pelajar Pancasila. 

Rancana kedepan dengan materi yang sudah didapat sebagai CGP  akan sharing dengan rekan sejawat dan  mengimplementasikan yang saya dapat di sekolah.  Jika ada kendala yang didapat  kami CGP sudah tahu bagaimana meminimalisir resiko yang didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...