1.
Facts (Peristiwa)
Bismillah berawal dari refleksi
terbimbing tentang Aksi Nyata, pada mulanya saya merasa apa yang akan saya
lakukan dengan aksi nyata yang di beri waktu dua malam oleh pembimbing kami,
saya menemukan kendala berupa testimony dari rekan kerja dikarenakan masih PPKM
level 4 jadi kegiatan bekerja juga masih di rumah, Akhirnya saya mempunyai ide
saya punya foto yang kebetulan kegiatan tersebut merupakan aksi nyata saya
waktu dengan rekan kerja saya.Dilanjutkan dengan Mulai dari diri di modul 1.2
yaitu nilai nilai dan peran guru penggerak, dalam hal ini cukup lumayan untuk
flash back ke belekang bercerita mengenai masa kecil masa sekolah atau membuat trapesium
usia, nah dari bercerita itu akan muncul nilai nilai yang cukup terasa setelah
kita menjadi seorang guru yang menjadi tauladan kepada muridnya, sealnjutnya
eksplorasi konsep mandiri dan forum diskusi, saya masih belum klik dengan
konsep yang ada pada diri saya yaitu adanya 4 diskusi konsep dari mengembangkan
diri dan orang lain, pemimpin pembelajaran, pemimpin manajemen sekolah dan
memimpin pengembangan sekolah, banyak sekali kekurangan saya pas saya baca ada kriteria
berkembang, layak, cakap dan mahir. Ternyata dari diskusi yang bisa saya Tarik benang
merah seorang guru penggerak harus berpihak pada murid, inovatif, kreatif,
kolaboratif, mandiri dan saya menambahi yaitu pantang menyerah.
2.
Feelings (Perasaan)
Ketika
saya mempelajari hal diatas dari peristiwa ke peristiwa tersebut perasaan saya
lumayan sedih karena ternyata setelah membaca dan mengetahui konsep guru
penggerak saya tarafnya benar benar masih berkembang dan itu ternyata baru level
satu, jadi saya punya optimistis dan semangat untuk bisa meningkatkan level
saya palinng tidak ke cakap syukur syukur mahir.
3.
Findings (Pembelajaran)
Hal baru yang saya temukan
dalam proses pembelajaran mengenai nilai nilai dan peran guru penggerak adalah seorang
guru penggerak harus bisa menggerakkan , baik itu menggerakkan diri dan orang
lain, pemimpin pembelajaran,
manajemen sekolah, dan pengembangan sekolah. Karena proses dari Calon Guru
Penggerak adalah Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.
4.
Future (Penerapan)
Implementasi atau Actin dari peran Guru Penggerak yaitu
yang pertama evaluasi diri terhadap kompetensi , selanjutnya membuat
perencanaan pengembangan terhadap kompetensi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar