Sabtu, 04 September 2021

1.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 3

 

1.      Facts (Peristiwa)

Bismillah berawal dari refleksi terbimbing tentang Aksi Nyata, pada mulanya saya merasa apa yang akan saya lakukan dengan aksi nyata yang di beri waktu dua malam oleh pembimbing kami, saya menemukan kendala berupa testimony dari rekan kerja dikarenakan masih PPKM level 4 jadi kegiatan bekerja juga masih di rumah, Akhirnya saya mempunyai ide saya punya foto yang kebetulan kegiatan tersebut merupakan aksi nyata saya waktu dengan rekan kerja saya.Dilanjutkan dengan Mulai dari diri di modul 1.2 yaitu nilai nilai dan peran guru penggerak, dalam hal ini cukup lumayan untuk flash back ke belekang bercerita mengenai masa kecil masa sekolah atau membuat trapesium usia, nah dari bercerita itu akan muncul nilai nilai yang cukup terasa setelah kita menjadi seorang guru yang menjadi tauladan kepada muridnya, sealnjutnya eksplorasi konsep mandiri dan forum diskusi, saya masih belum klik dengan konsep yang ada pada diri saya yaitu adanya 4 diskusi konsep dari mengembangkan diri dan orang lain, pemimpin pembelajaran, pemimpin manajemen sekolah dan memimpin pengembangan sekolah, banyak sekali kekurangan saya pas saya baca ada  kriteria berkembang, layak, cakap dan mahir. Ternyata dari diskusi yang bisa saya Tarik benang merah seorang guru penggerak harus berpihak pada murid, inovatif, kreatif, kolaboratif, mandiri dan saya menambahi yaitu pantang menyerah.

2.      Feelings (Perasaan)

Ketika saya mempelajari hal diatas dari peristiwa ke peristiwa tersebut perasaan saya lumayan sedih karena ternyata setelah membaca dan mengetahui konsep guru penggerak saya tarafnya benar benar masih berkembang dan itu ternyata baru level satu, jadi saya punya optimistis dan semangat untuk bisa meningkatkan level saya palinng tidak ke cakap syukur syukur mahir.

3.      Findings (Pembelajaran)

Hal baru yang saya temukan dalam proses pembelajaran mengenai nilai nilai dan peran guru penggerak adalah seorang guru penggerak harus bisa menggerakkan , baik itu menggerakkan diri dan orang lain, pemimpin pembelajaran, manajemen sekolah, dan pengembangan sekolah. Karena proses dari Calon Guru Penggerak adalah Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.

4.      Future (Penerapan)

Implementasi atau Actin dari peran Guru Penggerak yaitu yang pertama evaluasi diri terhadap kompetensi , selanjutnya membuat perencanaan pengembangan terhadap kompetensi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.b.4. Jurnal pemantauan pembelajaran Daring CGP oleh Pengajar Praktik

  Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi NO URAIAN KETERANGAN 1 ...